Kita Bisa tapi Butuh Dukungan Pemerintah

Zakky Gamal Yasin Presdir PT Len Industri
Zakky Gamal Yasin Presdir PT Len Industri
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – PT Len Industri merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) strategis. Perusahaan yang salah satu core business-nya mengurusi persinyalan kereta api ini terus mengembangkan diri.

Direktur Utama PT Len Industri, Zakky Gamal Yasin, mengatakan, saat ini perusahaan yang ia pimpin sedang mengembangkan teknologi pemanfaatan tenaga Matahari untuk listrik. Menurut dia, hal itu dilakukan guna mengurangi ketergantungan pada energi fosil. Juga sebagai bagian dari upaya mengembangkan energi ramah lingkungan.

Kepada VIVA.co.id, mantan direktur utama PT Barata Indonesia (Persero) ini menuturkan, awalnya bisnis PT Len terlalu luas. Karena perusahaan ini masuk di semua yang ada elektroniknya.

Untuk itu, mulai tahun 2018, perusahaan ini hanya fokus di industri transportasi sistem, energi baru terbarukan, dan produksi elektronik pertahanan. Selain itu, mulai merambah fintech.

Berikut petikan wawancara yang dilakukan di kantor PT Len, Menara MTH, Jakarta Selatan.

Bisa dijelaskan bagaimana profil PT Len Industri ini?

Awalnya saya mengira ini seperti bisnis manufaktur barang elektronik. Setelah masuk ternyata kontraktor. Tapi kontraktor yang berbeda dengan bidang saya selama ini. Selama ini kan saya di bidang alat berat, konstruksi. Namun PT Len ini ternyata cukup hi-tech. Ini merupakan tantangan yang luar biasa bagi saya.