Terapkan WFH 100%, LAN Bangun Aplikasi Intranet

Kepala LAN, Dr Adi Suryanto, M.Si saat memberikan arahan pada Rapat Pimpinan LAN
Kepala LAN, Dr Adi Suryanto, M.Si saat memberikan arahan pada Rapat Pimpinan LAN
Sumber :

VIVA – Masa pandemi covid-19 yang berlangsung selama tahun 2020, termasuk di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat seperti saat ini, menuntut pegawai di lingkungan Lembaga Administrasi Negara (LAN) untuk melakukan aktivitas secara virtual seperti bekerja dari rumah (work from home).

Untuk itu, secara institusional LAN memberikan dukungan teknologi melalui aplikasi intranet yaitu aplikasi digital yang memuat pelaporan kinerja, absensi, pelaporan kesehatan, dan monitoring lokasi keberadaan pegawai secara real time.

Era adaptasi kebiasaan baru sebenarnya merupakan kesempatan untuk mengimplementasikan konsep flexible work arrangement (FWA) dalam birokrasi.

Mengingat sebelum pandemi, wacana mengenai FWA sudah berlangsung cukup intens. LAN relatif sudah siap secara sistem dengan membuat aplikasi intranet yang dapat diakses melalui smartphone. 

Intranet sendiri dapat berfungsi sebagai instrumen digital untuk memastikan seluruh pegawai mematuhi kebijakan WFH, memantau lokasi keberadaan pegawai secara realtime, absensi pegawai, memantau kondisi kesehatan pegawai, dan memantau kinerja pegawai tiap hari. 

Kepala LAN, Dr. Adi Suryanto, M.Si, menambahkan, pelaksanaan FWA di LAN di masa pandemi ini, baik work from home (WfH) maupun work from office (WfO), dilakukan monitoring dengan menggunakan aplikasi intranet yang dapat diakses melalui smartphone. Kebijakan ini harus dipatuhi oleh seluruh pegawai di lingkungan LAN. 

Kepala LAN juga menyampaikan bahwa aplikasi intranet berbasis smartphone ini cukup berjalan efektif. Karena selain memuat lokasi dan absensi, dalam aplikasi intranet, pegawai juga wajib memasukkan laporan kinerja.