Anas: Bambang dan Busyro Tokoh yang Tepat

Bursa Ketua Umum Demokrat : Anas Urbaningrum
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Partai Demokrat mengapresiasi kinerja Panitia Seleksi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dinilai telah berhasil melahirkan calon yang mampu dan kredibel. Tujuh tokoh terakhir sebelumnya juga layak menjadi pimpinan KPK.

"Pengerucutan dua nama yang terakhir adalah dua tokoh terbaik untuk dipercaya memimpin KPK," kata Ketua Umum Demokrat Anas Urbaningrum dalam keterangan tertulis kepada VIVAnews, Sabtu 28 Agustus 2010.

Menurut Anas, dengan munculnya Bambang Widjojanto dan Busyro Muqoddas sebagai calon pimpinan KPK, kita bisa berharap citra dan kinerja KPK ke depan akan makin baik.

"Kedua tokoh itu layak untuk memanggul ekspektasi publik dan proyek besar bangsa ini untuk pemberantasan korupsi," kata Anas. Bagi Demokrat, Panitia Seleksi pimpinan KPK telah amat membantu DPR untuk memilih yg terbaik.

"Boleh dikatakan bahwa "pejam mata" saja, DPR akan mampu memilih tokoh yang tepat. Keduanya tokoh yg tepat," tegas Anas.

Kendati demikian, tentu saja tetap akan terpilih satu orang. Meski begitu, siapapun tetap saja terbaik dan diharapkan bisa memanggul tugas sejarah yang besar dan mulia.

Dua nama calon pimpinan KPK sudah dikirim ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Mereka yakni Bambang Widjojanto dan Busyro Muqoddas.

Sedangkan Busyro merupakan Ketua Komisi Yudisial yang mengabdi sebagai dosen pada almamaternya, Hukum Universitas Islam Indonesia (UII). Sebagai dekan Fakultas Hukum UII, Busyro juga dikenal sebagai advokat jalanan.

Salah satu kasus yang pernah ditanganinya adalah kasus gugatan terhadap Bupati Wonosobo atas nama pedagang pasar tradisional pada tahun 1997.

Bambang menghabiskan karirnya di LBH Jakarta pada 1984 sampai 2000, di LBH Jayapura pada 1986-1993, dan Yayasan LBH Indonesia menggantikan Adnan Buyung Nasution yang menjadi Dewan Pengurus Yayasan LBH Indonesia (1995-2000).

Bambang juga pendiri lembaga seperti Indonesian Corruption Watch, Kontras, Konsorsium Reformasi Hukum, Lembaga Reformasi Agraria, Lembaga Independen Pemantau Pemantau Mahkamah Agung, Indonesia monitoring Court. (sj)

Film Keajaiban Air Mata Wanita Sajikan Keajaban dan Kehangatan
Mobil All New Agya GR Sport

Bikin Istri dan Pacar Senang, Ini Pilihan Mobil Baru Buat Gaji UMR

Bagi karyawan yang bekerja di Jakarta dengan rata-rata gaji UMR, atau upah minimum regional sebesar Rp5 jutaan, ada beberapa mobil baru yang bisa dibeli dengan kredit....

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024