5 Pahlawan 'di Balik Layar' Sukses Barcelona Musim Ini

Barca Juara La Liga Spanyol
Sumber :
  • REUTERS / Andrea Comas
VIVA.co.id
Malam Bersejarah di Liga Champions, Pemuda 19 Tahun Kalahkan Messi
- Sukses Barcelona musim ini menjuarai La Liga dan potensi treble winner dianggap tak terlepas dari peran sukses Lionel Messi. Gol-gol Bintang internasioal asal Argentina itu kerap menjadi penyelamat bagi Blaugrana.

Barcelona Banting Harga Coutinho, Rela Rugi

Ditambah, Messi juga tampil padu dengan dua rekannya di lini depan, Neymar Jr dan Luis Suarez. Dua nama terakhir juga kerap menyumbang gol penentu kemenangan. Alhasil, trio MSN dianggap menjadi kunci sukses Barca musim ini.
4 Skema Barcelona Juara LaLiga


Namun, seperti dikutip dari laman olahraga Spanyol, Marca, Rabu 20 Mei 2015, ada lima sosok kunci sesungguhnya atas sukses Barca musim ini. Dan meski memiliki peran penting, kelimanya tidak terlalu terlihat oleh publik.


Yang pertama adalah, Sandro Rosell. Mantan presiden Barcelona ini jadi sosok yang berhasil mengalahkan Real Madrid dalam memperebutkan tanda tangan Neymar. Dan perjuangan Rosell membuahkan hasil musim ini.


Sosok kedua adalah Andoni Zubizarreta. Dia sosok di balik pembelian Claudio Bravo, Marc Andre Ter Stegen, Ivan Rakitic dan Jeremy Mathieu. Selain itu, Zubizarreta juga sosok yang selalu membela Luis Enrique dari tekanan publik.  


Figur ketiga adalah Josep Maria Bartomeu. Dia inisiator kedatangan Luis Suarez ke Barcelona. Dia juga yang bisa membuat situasi di Barcelona tetap kondusif, terkait kasus transfer Neymar yang sempat mencuat.


Sementara sosok keempat adalah Luis Enrique yang mampu membangun skuad juara musim ini. Tapi, jangan dilupakan juga peran penting sosok kelima, yaitu gelandang veteran Barcelona, Xavi Hernandez.


Xavi merupakan sosok penghubung antara Enrique dengan para pemain lainnya. Seperti diketahui, Enrique kerap berkonflik dengan sejumlah pemain, seperti Messi. Tapi, konflik itu tidak berlarut-larut setelah dimediasi Xavi. (one)


Five father figures at Barça

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya