4 Kapal Rudal AS Mendekat ke Wilayah Laut Rusia

VIVA Militer: Kapal perang Amerika Serikat (AS)
Sumber :
  • c6f.navy.mil

VIVA – Ketegangan antara militer Amerika Serikat (AS) dan Rusia dipastikan bakal kembali memanas. Yang terbaru, sejumlah kapal perang AS terpantau tengah mendekati wilayah laut Rusia.

Sepak Terjang Netzah Yehuda, Batalion Tempur Israel yang 'Digebuk' AS

Menurut laporan NBC News, empat kapal perang AS disebut melintasi Laut Barents, sebelah barat laut Rusia, Senin 4 Mei 2020. Meski teritori itu masuk dalam wilayah laut internasional, Laut Barents diibaratkan seperti halaman belakang Angkatan Laut Rusia (VMF).

Sebab, Laut Barents berdekatan dengan Severomorsk yang merupakan pangkalan pusat Armada Utara Angkatan Laut Rusia. 

Menhan AS Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Ditetapkan Sebagai Presiden Terpilih

Untuk pertama kalinya dalam 40 tahun, ada kapal perang AS yang masuk ke Laut Barents atau terakhir kali pada 1980. Kapal perang yang termasuk jenis kapal perusak AS yang masuk ke Laut Barents adalah USS David Cook (DDG-75), USS Porter (DDG-78), dan USS Roosevelt (DDG-80).

Pihak Angkatan Laut AS (US Navy) mengklaim sudah mengirim kabar ke pihak Rusia bahwa akan mengirim kapal ke Laut Barets. Sementara itu, pihak militer Rusia menyebut bahwa keempat kapal perang AS itu berada dalam pengawasan Angkatan Udara Rusia (VVS).

Terkuak 5 Kejadian yang Terjadi di Dunia Dikaitkan Ketakutan soal Kiamat

Meski dunia tengah diserang pandemi Virus Corona (COVID-19) militer AS dan Rusia kerap terlibat ketegangan. Kedua belah pihak seakan saling balas unjuk kekuatan baik di wilayah udara maupun laut dalam beberapa pekan terakhir.

Ketegangan antara Amerika Serikat (AS) dan Rusia semakin meningkat dalam beberapa bulan terakhir. Beberapa kalangan menganggap bahwa hubungan kedua negara ini sudah memanas dalam enam tahun terakhir.

Film Badarawuhi di Desa Penari

Film Badarawuhi di Desa Penari Bakal Tayang di 28 Negara Bagian AS

Kabar membanggakan datang dari dunia perfilman Tanah Air. Film produksi MD Pictures berjudul Badarawuhi di Desa Penari akan segera tayang di Amerika Serikat.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024