Nyali Rusia Hadapi Amerika, 2 Kapal Selam Nuklir Siap Tempur

VIVA Militer: Presiden Rusia, Vladimir Putin
Sumber :
  • TASS

VIVA – Dua kapal selam nuklir, Khabarov (Project 09851) dan Belgorod (Project 09852) akan segera diluncurkan Rusia dalam beberapa bulan mendatang. Sejumlah pihak memprediksi bahwa Rusia tengah bersiap menghadapi ancaman Amerika Serikat (AS) yang bakal menggunakan senjata nuklirnya.

Drone Bunuh Diri Iran Bombardir Suriah, Habisi Nyawa Warga Sipil

Kantor Berita Rusia TASS melaporkan, dua kapal selam itu saat ini masih berada di Galangan Kapal Sevmash, Severodvinsk. Khabarovsk rencananya bakal memulai masa dinasnya pada awal Juni 2020. 

Sementara itu, Belgorod yang sudah diperkenalkan pada April 2019 lalu, akan beroperasi pada September nanti.

Amerika: Pasukan Israel Takkan Mampu Habisi Hamas!

"Khabarovsk akan diluncurkan selambatnya pada awal Juni. Tidak ada tanggal pasti sejauh ini," bunyi sebuah sumber dilansir Al-Masdar News.

Kedua kapal selam ini nantinya akan membawa drone nuklir bawah laut untuk tujuan khusus. Baik Belgorod maupun Khabarovsk, diharapkan bisa membawa setidaknya enam Drone Nuklir Bawah Laut Poseidon.

Netanyahu Tidak Takut Soal Ancaman AS Mengenai Pasokan Senjata

Baik Belgorod maupun Khabarovsk memiliki daya jelajah hingga 10.000 kilometer, atau menjadi bagian dari Sistem Multiguna Samudera (Oceanic Multiple System). Sementara itu, Drone Poseidon sendiri memiliki kekuatan mencapai 2 megaton.

TASS juga melaporkan, selain memiliki kemampuan jangkauan antarbenua, Drone Poseidon juga memiliki jangkauan kedalaman hingga 1 kilometer. 

Sejumlah pihak meyakini bahwa Rusia terus memperkuat armada militer dan senjata nuklirnya, pasca pernyataan kontroversial Komandan Komando Serangan Global AS (USGSCAF), Jenderal Timothy Michael Ray pekan lalu. Saat itu, Ray menyebut bahwa AS siap menggunakan senjata nuklirnya jika pandemi Virus Corona (COVID-19) berakhir dengan konflik senjata.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya