Wanita Eks Anggota DPR Ukraina Tenteng Rudal Ikut Perang Lawan Rusia

VIVA Militer: Letnan Tetiana Chornovol
Sumber :
  • Twitter/@parolin_ricardo

VIVA – Seorang wanita Ukraina bernyali besar tanpa kenal takut ikut berperang melawan invasi Rusia. Sosok wanita itu ternyata adalah Tetiana Chornovol, mantan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Ukraina.

Turki dan Afrika Selatan Kerjasama Menuntut Tanggung Jawab Israel atas Kasus Genosida di Palestina

Dikutip VIVA Militer dari Daily Mail, Chornovol bergabung dengan Angkatan Bersenjata Ukraina (ZSU) setelah mengundurkan diri dari parlemen Ukraina pada 2019 lalu. 
Chornovol adalah perwira militer Ukraina dengan pangkat Letnan, dan menjadi Komandan Unit Anti-Tank.

Sejumlah laporan menyataan bahwa Chornovol berhasil menghancurkan tank militer Rusia, yang tengah bergerak menuju ibukota Kiev.

KFC hingga Starbucks Kesulitan Tangani Dampak Boikot, Laba Anjlok

Lahir di Kiev 4 Juni 1979, Chornovol memiliki latar belakang sebagai jurnalis investigasi dan aktivis. Saat masih menjadi jurnalis, Chornovol kerap mendapatkan ancaman karena sikapnya yang keras.

VIVA Militer: Tetiana Chornovol saat menjadi anggota parlemen Ukraina

Photo :
  • rferl.org
Video Jet Tempur Ukraina Dikejar Rudal Nuklir Rusia, Bak Film Top Gun

Pada 2013, Chornovol yang merupakan salah satu pemimpin revolusi Euromaidan ikut serta dalam gelombang demonstrasi anti-korupsi pro-Eropa. Dalam peristiwa itu, Chornobol menjadi korban penganiayaan hingga menderita patah hidung.

Ibu dua anak ini kehilangan sang suami, Mykola Berezovyi, yang tewas dalam perang melawan kelompok separatis pro-Rusia pada 2014 silam.

Di sejumlah akun media sosial, sosok Chornovol begitu dielu-elukan. Sejumlah fotonya diunggah berbagai akun, saat ia menenteng rudal kendali anti-tank dan senapan serbu AK-47.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya