Terkuak, Alasan Kuat Rusia Bakal Luncurkan Rudal Nuklir

VIVA Militer: Rudal nuklir Rusia
Sumber :
  • nypost.com

VIVA – Juru bicara Presiden Rusia, Dmitriy Peskov, memberikan pernyataan terkait penggunaan senjata nuklir dalam perang. Penjelasan Peskov ini terkait dengan perintah Vladimir Putin yang menyiagakan persenjataan nuklirnya, akhir Februari 2022 lalu.

Drone Bunuh Diri Iran Bombardir Suriah, Habisi Nyawa Warga Sipil

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari The Guardian, Putin memberikan perintah untuk menyiagakan pasukan nuklir Rusia paa 27 Februari 2022. 

Kemarahan Putin ditunjukkan setelah pernyataan negara-negara Barat yang menjatuhkan sanksi ekonomi kepada Rusia. 

Vladimir Putin Starts New Six-Year Term as Russian President

Tak hanya itu sejumlah negara anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), dianggap Putin telah memberikan pernyataan agresif terhadap Rusia.

"Bukan hanya negara-negara Barat yang melakukan tindakan tidak bersahabat terhadap negara kami dalam dimensi ekonomi, sanksi ilegal yang diketahui semua orang," ucap Putin.

Presiden Vladimir Putin Dapat Mobil Baru Super Canggih

VIVA Militer: Presiden Rusia, Vladimir Putin

Photo :
  • eleconomista.es

"Para pejabat tinggi NATO membiarkan mereka membuat pernyataan agresif yang berkaitan dengan negara kami," katanya.

Peskov menyatakan, Rusia adalah negara yang memiliki konsep keamanan terbuka. Seluruh dunia bisa melihat langsung kemungkinan Rusia menggunakan senjata nuklirnya.

Lebih lanjut Peskov menjelaskan, Rusia hanya menggunakan senjata nuklirnya jika kedaulatan negaranya terancam.

"Kami memiliki konsep keamanan nasional yang terbuka untuk umum. Anda dapat membaca semua tentang kondisi saat senjata nuklir bisa digunakan," ujar Peskov dilansir VIVA Militer dari Pravda..

"Secara khusus, itu (senjata nuklir) bisa digunakan dalam kasus ancaman terhadap kedaulatan negara menurut konsep kami. Tidak ada alasan lain yang disebutkan dalam teks ini," katanya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya