Rusia Ciptakan Rudal Nuklir Bawah Air Pertama di Dunia

VIVA Militer: Rudal torpedo nuklir Poseidon militer Rusia
Sumber :
  • navalnews.com

VIVA – Hampir setahun invasi militer Rusia ke Ukraina berlangsung, rezim Vladimir Putin sama sekali tak mengalami krisis keuangan. Negeri Beruang Merah bahkan telah menciptakan senjata bawah air terbaru, dengan kemampuan nuklir pertama di dunia.

Kisah Jenderal Soemitro, dari Ramalan Boneka Jailangkung Jadi Tentara Kesayangan Soeharto

Senjata bawah air buatan Rusia itu tak lain adalah rudal torpedo Poseidon, atau yang dahulu dikenal dengan kode Status-6. 

Dibagun oleh Biro Desain Rubin, torpedo Poseidon mampu bergerak di kedalaman 3.280 kaki, atau sama sengan 1 kilometer, dengan kecepatan 100 knot (185 kilometer per jam).

Drone Bunuh Diri Iran Bombardir Suriah, Habisi Nyawa Warga Sipil

Rudal torpedo Poseidon adalah salah satu dari enam senjata strategis terbaru militer Rusia, yang diperkenalkan Putin pada 1 Maret 2018 silam, dan sudah muncul sejak September 2015.

VIVA Militer: Ilustrasi kapal selam Rusia menembakkan torpedo nuklir

Photo :
  • ukranews.com
Amerika: Pasukan Israel Takkan Mampu Habisi Hamas!

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari Kantor Berita Rusia, TASS, Rusia untuk pertama kalinya memproduksi hulu ledak nuklir untuk rudal torpedo Super Poseidon. 

Informasi ini diungkap seorang pejabat Kementerian Pertahanan Rusia, yang identitasnya dirahasiakan. Torpedo berhulu ledak nuklir ini nantinya akan dipasang di kapal selam tenaga nuklir K-329 Belgorod.

"Rusia telah memproduksi hulu ledak nuklir pertama untuk torpedo super Poseidon yang akan dikerahkan di kapal selam nuklir Belgorod," ucap pejabat tersebut.

"Muatan amunisi Poseidon pertama telah diproduksi, dan kapal selam Belgorod akan menerimanya dalam waktu dekat," katanya.

VIVA Militer: Kapal selam tenaga nuklir K-329 Belgorod militer Rusia

Photo :
  • vpk.name

Dalam pidato tahun 2018, Putin mengatakan jangkauan torpedo Poseidon tidak akan terbatas, dan bisa beroperasi pada kedalaman ekstrim dengan kecepatan berkali-kali lipat dari kapal selam atau torpedo lainnya.

Selain itu, Poseidon juga disebut Putin memiliki kemampuan yang cukup senyap dan punya  kemampuan manuver tinggi. Sehingga, akan sangat sulit bagi musuh menghancurkan senjata ini.

"Mereka (Poseidon) memiliki kebisingan yang sangat rendah. Mereka punya kemampuan manuver yang tinggi, praktis dan tidak dapat dihancurkan oleh musuh. Tidak ada senjata yang dapat melawan mereka di dunia saat ini,” kata Putin dilansir VIVA Militer dari The New Arab.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya