Panglima Militer Ukraina Akui Kekalahan, Lusinan Jet Tempurnya Dibom Sebelum Lepas Landas

VIVA Militer: Puing pesawat Angkatan Udara Ukraina
Sumber :
  • bbc.com

VIVA – Tak hanya di sektor darat, superioritas di udara juga benar-benar dikuasai militer Rusia dalam Operasi Militer Khusus (NVO) di Ukraina. Hal ini terbukti dari pernyataan langsung yang dilontarkan Panglima Angkatan Udara Ukraina, Letnan Jenderal Mykola Oleshchuk.

Geger Sulaiman Tewas Loncat dari Jembatan saat Dikejar Prajurit Raider TNI, PM Turun Tangan

Dalam wawancara dengan stasiun televisi Rada TV, jenderal bintang tiga militer Ukraina ini membeberkan fakta bagaimana pasukannya sama sekali tak diberi kesempatan untuk melancarkan serangan.

Menurut Oleshchuk, intensitas serangan armada tempur Pasukan Dirgantara Rusia (VKS) sangat tinggi. Sehingga, sulit untuk bisa dengan mudah bagi para pilot militer Ukraina menerbangkan pesawatnya.

Drone Malaikat Maut Amerika Jadi Sampah Usai Dilibas Rudal Yaman

Tak hanya dari udara, pasukan infanteri militer Rusia juga jadi halangan terbesar bagi para pilot melakukan lepas landas. Sebab serangan tak hanya datang dari udara, tetapi juga berasal dari darat.

VIVA Militer: Puing pesawat Angkatan Udara Ukraina

Photo :
  • ria.ru
Penuh Bangga, Dankormar Lepas Ratusan Prajurit Satgas Pamtas Mobile RI-PNG Yonif 6 Marinir ke Papua

Oleshchuk juga mengakui bagaimana keunggulan militer Rusia yang kerap membombardir lapangan terbang dan pangkalan udara, sebagai salah satu sasaran utama.

"Kami belum punya waktu untuk bangun dari lapangan terbang," ucap Oleschuk dikutip VIVA Militer dari Kantor Berita Rusia, RIA Novosti.

"Pesawat kami akan berada di area yang terkena dampak. Pesawat kami ditembaki setiap hari, baik dari darat maupun dari udara," katanya.

Lebih lanjut Oleshchuk mengatakan, saat pilot militer Ukraina berhasil menerbangkan pesawatnya, posisinya akan selalu di bawah pengawasan dan kendali lima hingga sembilan unit pesawat Angkatan Udara Rusia (VVS).

VIVA Militer: Panglima Angkatan Udara Ukraina, Letnan Jenderal Mykola Oleshchuk

Photo :
  • Pr

"Setiap pilot Ukraina, saat menjalankan misi, berada di bawah kendali lima hingga sembilan pesawat musuh dari berbagai jenis," ujar Oleshchuk melanjutkan.

Pernyataan Oleschuk adalah bukti lainnya yang terungkap, dan menunjukkan kegagalan operasi serangan balik Angkatan Bersenjata Ukraina (AFU).

Bukan hanya Oleshschuk, Panglima Angkatan Darat Ukraina, Kolonel Jenderal Oleksandr Syrskyi, juga pernah menyatakan hal serupa. Syrskyi menguak kenyataan di medan tempur di mana militer Rusia unggul dalam semua hal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya