Rumah Pentolan Hamas Ismail Haniyeh Dibom Jet Tempur Israel

VIVA Militer: Rumah pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh, dibom militer Israel
Sumber :
  • X/@IDF

VIVA – Militer Israel mengklaim telah membom rumah pemimpin Hamas Palestina, Ismail Haniyeh, dalam serangan udara yang berlangsung di Gaza, Rabu 15 November 2023 malam waktu setempat.

9 Negara Ini Tolak Palestina Jadi Anggota PBB, Salah Satunya Tetangga RI

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari Jerusalem Post, Pasukan Pertahanan Israel (IDF) merilis video berdurasi 4 detik yang menunjukkan serangan udara di sebuah wilayah di Gaza, Palestina.

Ledakan besar terlihat dalam video dalam mode penglihatan malam (night vision), dan diklaim telah menghancurkan rumah Haniyeh.

RI Gagas Pemberian Hak Istimewa Palestina di Sidang PBB, Selangkah Lagi Anggota Penuh

"Semalam, jet tempur IDF menyerang kediaman Ismail Haniyeh, Kepala Biro Politik Hamas," bunyi pernyataan Pasukan Pertahanan Israel.

VIVA Militer: Pemimpin Hamas Palestina, Yahya Sinwar

Photo :
  • france24.com
Majelis Umum PBB Dukung Palestina Jadi Anggota Penuh, 9 Negara Menolak Termasuk AS

"Kediaman tersebut digunakan sebagai infrastruktur teroris dan tempat pertemuan para pemimpin senior Hamas untuk mengarahkan serangan teroris terhadap Israel," lanjut pernyataan tersebut.

Haniyeh merupakan Kepala Biro Politik Hamas Palestina, yang telah lama diburu militer Israel. Haniyeh sendiri sudah sekitar tujuh tahun tinggal di Doha, Qatar.

Akan tetapi, kediamannya diklaim militer Israel selalu dijadikan tempat pertemuan para tokoh senior dan komandan sayap militer Hamas, Brigade Izz ad-Din al-Qassam.

Serangan Angkatan Udara Israel (IAF) juga menghancurkan kamp pengungsi Shati, yang diklaim digunakan sebagai gudang senjata oleh Angkatan Laut Hamas.

VIVA Militer: Senjata dan peralatan Hamas disita militer Israel

Photo :
  • jpost.com

Pasca serangan ke kamp Shati, pasukan militer Israel menemukan sejumlah bahan peledak, peluncur granat (RPG), rudal anti-tank, alat komunikasi dan dokumen intelijen.

Belum diketahui jumlah korban jiwa dalam serangan masif militer Israel di kediaman Haniyeh dan kamp Shati. Pihak IDF tidak merinci data korban yang timbul selama aksi tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya