Gangster Teror Ibukota, Ribuan Pasukan Ekuador Siaga Perang

VIVA Militer: Tentara Ekuador di ibukota Quito
Sumber :
  • telesurenglish.net

VIVA – Angkatan Bersenjata Ekuador (FAE) mengerahkan sejumlah besar pasukannya ke ibukota Quito, seiring kerusuhan yang terus meningkat di negara Amerika Selatan itu, Selasa 10 Januari 2023.

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

Kerusuhan massal pecah di sejumlah kota Ekuador, pasca kaburnya gembong kartel dan bos gangster Los Choneros, Jose Adolfo Macias alias Fito.

Sejumlah kendaraan lapis baja ditempatkan di fasilitas vital ibukota, setelah perintah operasi turun langsung dari Presiden Ekuador, Daniel Noboa.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Pasukan militer Ekuador dikerahkan untuk menetralisir kelompok gangster bersenjata Los Choneros, yang kemungkinan menyerang para pejabat tinggi.

VIVA Militer: Tentara Ekuador di ibukota Quito

Photo :
  • ria.ru
Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

"Tujuannya adalah menempatkan peralatan di tempat-tempat penting yang strategis," ucap seorang sumber yang identitasnya dirahasiakan.

Seperti yang diketahui, kelompok bersenjata pimpinan Fito menyerang kota pelabuhan terbesar Ekuador Guayaquil dan Nobol. Dalam insiden itu 10 orang tewas termasuk dua orang anggota polisi.

Pada dini hari tadi, para gangster membakar mobil dan bus. Sejumlah ledakan juga terjadi di Guayaquil.

Presiden Noboa sebelumnya telah memberlakukan keadaan darurat nasional selama 60 hari, berikut melibatkan militer Ekuador dalam mendapatkan kembali kendali.

VIVA Militer: Tentara Ekuador di ibukota Quito

Photo :
  • ctvnews.ca

Noboa juga mengumumkan bahwa negara tersebut sedang mengalami konflik bersenjata interna, yang didalangi oleh 22 kelompok kriminal yang jumlah anggotanya mencapai puluhan ribu.

Panglima Komando Gabungan Angkatan Bersenjata Ekuador, Jenderal Jaime Vela Erazo, memastikan jika seluruh kelompok bersenjata adalah sasaran pasukannya 

Hal tersebut disampaikan usai Erazo ambil bagian dalam pertemuan Dewan Keamanan Negara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya