Mulai Bangkrut, Amerika Desak Israel Setop Bombardir Gaza

VIVA Militer: Agresi militer Israel di Gaza, Palestina
Sumber :
  • jns.org

VIVA – Seorang pejabat Amerika Serikat (AS) membeberkan bahwa pihaknya telah mendesak Israel untuk menghentikan agresi militer di Jalur Gaza, Palestina.

Jenderal Perang Angkatan Laut Belanda Datangi Markas Sarang Petarung Marinir, Ada Apa?

Pejabat Amerika yang identitasnya dirahasiakan itu menyatakan, permintaan mengakhiri serangan militer Israel dilontarkan langsung oleh Menteri Luar Negeri AS, Anthony Blinken.

Seperti yang diketahui, Blinken melakukan perjalanan internasional ke beberapa negara Timur Tengah termasuk Israel, Senin 8 Januari 2024.

Amerika Pembohong Besar, Nilai Paket Senjata Buat Israel Ternyata Tembus Rp20 Triliun

Menurut laporan yang dikutip VIVA Militer dari Al Jazeera desakan itu disampaikan Blinken dalam pertemuan dengan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu. Blinken juga menuntut ketelitian tentara zionis dalam serangan di Gaza.

VIVA Militer: Anthony Blinken dan Benjamin Netanyahu

Photo :
  • reuters.com
Pesawat Kelima Super Hercules C-130J TNI AU Pesanan Menhan Prabowo Tiba di Indonesia

Permintaan itu disampaikan Blinken dengan alasan untuk mengurangi jumlah korban, yang lebih banyak jatuh dari warga sipil Gaza. 

Anehnya, Amerika baru mendesak Israel saat jumlah korban sipil Gaza sudah mencapai lebih dari 22.000 orang.

Blinken sendiri memulai rangkaian kunjungannya sejak 4 Januari 2024, untuk membahas penyelesaian konflik di Timur Tengah.

Politisi Partai Demokrat Amerika Serikat itu melawat ke sejumlah negara Timur Tengah, dimulai dari Yordania, Qatar, Uni Emirat Arab (UEA) dan Arab Saudi.

VIVA Militer: Batalyon tank militer Israel memasuki Gaza, Palestina

Photo :
  • euronews.com

Sikap Amerika tampak berubah, dari yang semula mendukung agresi tentara Israel di Gaza yang berlangsung sejak 7 Oktober 2023 lalu.

Menteri Pertahanan AS, Jenderal (Purn.) Lloyd Austin bahkan sempat mengumkan pembentukan aliansi pertahanan maritim, untuk menghentikan aksi milisi Houthi memblokade Laut Merah.

Milisi asal Yordania itu menyerang kapal perang Amerika dan membajak kapal-kapal komersial, yang melintas di perairan tersebut sebagai bentuk solidaritas perjuangan Hamas Palestina.

Sejumlah pihak meyakini jika Amerika tengah mengalami krisis keuangan, setelah menggelontorkan dana untuk Israel dalam jumlah besar, US$14,3 miliar (Rp221,8 triliun).

VIVA Militer: Tentara Israel menyerang Betlehem, Palestina

Photo :
  • aljazeera.com

Sementara, AS juga telah membuang uangnya untuk menyokong Ukraina dalam perang melawan Rusia.

Sejak Perang Rusia-Ukraina pecah, Amerika telah mengirim bantuan senilai lebih dari US$75 miliar, atau setara dengan Rp1.163,8 triliun, menurut data yang dikutip VIVA Militer dari The Wall Street Journal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya