Gila, Pasukan Elite Iran Bantai Milisi Muslim Sunni dengan Rudal Balistik

VIVA Militer: Serangan rudal balistik militer Iran
Sumber :
  • sputniknews.com

VIVA – Pasukan elite Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) melancarkan serangan ke Provinsi Balochistan, Pakistan, Selasa 16 Januari 2024 malam waktu setempat. 

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

Dalam laporan yang dilansir VIVA Militer dari Al Arabiya, unit pasukan khusus militer Iran menembakkan rudal balistik jarak pendek dengan sasaran basis milisi separatis Jaish al-Adl (Tentara Keadilan).

Serangan pasukan IRGC ke wilayah Balochistan dikonfirmasi oleh seorang sumber yang identitasnya dirahasiakan.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Selain meluncurkan rudal balistik jarak pendek, militer Iran juga membombardir wilayah barat daya Pakistan dengan menggunakan pesawat tanpa awak (drone).

VIVA Militer: Ledakan di Provinsi Balochistan

Photo :
  • india.com
Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

"IRGC melancarkan serangan rudal balistik dan drone ke pangkalan utama kelompok teroris Jaish al-Adl di provinsi Balochistan, Pakistan," ucap sumber tersebut.

Sepanjang sejarah kedua negara, serangan ini merupakan yang pertama kali dilancarkan Angkatan Bersenjata Iran (Artesh) di wilayah Pakistan.

Menurut laporan lain yang dikutip VIVA Militer dari Kantor Berita Rusia, RIA Novosti, aksi IRGC merupakan balasan atas serangan milisi Jaish al-Adl di wilayah Rask, Provinsi Sistan dan Baluchistan Iran.

Pada Desember 2023 lalu, milisi separatis Jaish al-Adl menyerbu kota Rask dan menghabisi nyawa 12 orang anggota Kepolisian Iran (Faraja) dan melukai tujuh orang lainnya.

VIVA Militer: Milisi Jaish al-Adl (Tentara Keadilan)

Photo :
  • jamestown.org

Usai serangan itu, kelompok separatis yang beroperasi di wilayah tenggara Iran dan barat daya Pakistan mengakui sebagai pihak yang bertanggung jawab.

Iran mencap milisi separatis Muslim Sunni tersebut sebagai organisasi teroris. Jaish al-Adl disebut berupaya memerangi pemerintah Iran dan melepaskan diri dari negara yang mayoritas penduduknya adalah Syiah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya