Tank Israel Terancam, Rudal Hizbullah Tebar Teror di Perbatasan

VIVA Militer: Serangan rudal milisi Hizbullah Lebanon ke pos militer Israel
Sumber :
  • timesofisrael.com

VIVA – Milisi Hizbullah Lebanon dikabarkan telah menerima senjata baru dari Iran, berupa rudal anti-tank. Informasi ini membuat militer Israel was-was, karena pasukan pimpinan Hassan Nasrallah kerap menyerang pos tentara zionis di perbatasan.

Hubungan Israel-Arab Saudi Alot, Menlu AS Temui Pangeran MBS

Dilansir VIVA Militer dari Defence Blog, Hizbullah diprediksi akan semakin memperkuat posisinya di selatan Lebanon usai mendapatkan rudal kendali anti-tank (ATGM) Almas.

Senjata ini adalah produk asli buatan Iran, yang merupakan tiruan dari sistem rudal anti-tank Pasukan Pertahanan Israel (IDF), Rafael Spike-MR.

Hizbullah Tembakan Puluhan Rudal ke Pemukiman di Perbatasan Israel

Jurnalis Defense News, Babak Taghvaee, melaporkan jika Hizbullah untuk pertama kalinya menggunakan rudal anti-tank Almas untuk menyerang pos pengawasan tentara Israel di wilayah perbatasan kedua negara.

VIVA Militer: Serangan rudal milisi Hizbullah Lebanon ke pos militer Israel

Photo :
  • youtube.com
Soal Foto Kopi Pro Israel, Zita Anjani Singgung Boleh Mengingatkan Tapi Tidak Menghakimi

"Rudal anti-tank Almas (Diamond) adalah salinan Iran dari rudal anti-tank serangan atas Rafael Spike-MR Israel." ujar Taghvaee di akun X pribadinya.

"Rezim Islam Iran baru-baru ini mengirimkan hal ini ke organisasi teroris Hizbullah. Mereka menggunakan Almas untuk menyerang pos pengawasan IDF di perbatasan dengan Lebanon," katanya.

Sebuah video juga diunggah Taghvaee di akun X miliknya, yang menunjukkan detik-detik rudal anti-tank Almas menghantam pos pengawasan militer Israel.

Dalam rekaman berdurasi 1 menit 28 detik, terlihat rudal tersebut bergerak dengan cepat ke pos tentara Israel yang terletak di sisi tebing di sepanjang perbatasan Israel-Lebanon.

VIVA Militer: Serangan rudal milisi Hizbullah Lebanon ke pos militer Israel

Photo :
  • youtube.com

Menurut laporan lain yang dikutip VIVA Militer dari situs Komando Pelatihan dan Doktrin Angkatan Darat Amerika Serikat (TRADOC), rudal anti-tank Almas disebut memiliki hulu ledak tandem.

Hulu ledak dipasang tepat di belakang pelacak, yang terletak di moncong rudal. Almas juga memiliki jarak jangkauan maksimal mencapai 8 kilometer.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya