Tak Pernah Gagal, Inilah Pasukan Rusia Paling Ganas dalam Perang Ukraina

VIVA Militer: Pasukan elite Spetsnaz Angkatan Bersenjata Federasi Rusia
Sumber :
  • warsawinstitute.org

VIVA – Sejumlah prajurit kembali menerima medali kehormatan dari Panglima Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF), Jenderal Valery Gerasimov, Senin 26 Februrari 2024.

28 Perwira TNI AU Terima Brevet Kehormatan Setia Waspada Paspampres, Siapa Saja Mereka?

Menurut Kementerian Pertahanan Rusia, tentara Rusia yang menerima penghargaan berasal dari unit paling ganas di zona Operasi Militer Khusus (NVO) di Ukraina.

Pasukan tersebut tak lain adalah Garda Pasukan Gabungan Angkatan Darat ke-58, yang berada di bawah kendali Distrik Militer Selatan Angkatan Darat Rusia (SV).

Letjen TNI Saleh Mustafa Buka Kejuaraan Taekwondo Pangkostrad Cup 2024

VIVA Militer: Pasukan Divisi Senapan Motor ke-42 Rusia (Akhmat)

Photo :
  • marazulseguros.com.br

"Gerasimov mempersembahkan Ordo Keberanian, medali 'Keberanian' dan 'Kepahlawanan' kepada prajurit paling terkemuka," bunyi pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia.

'Bravo Zulu' Kapal Selam TNI AL KRI Alugoro-405 Tembakkan Torpedo Black Shark di Selat Bali

"Dan, berterima kasih kepada mereka atas keberanian dan kepahlawanan yang ditunjukkan selama perang," lanjut pernyataan tersebut dilansir VIVA Militer dari Kantor Berita Rusia, RIA Novosti.

Pasukan yang dipimpin oleh Letnan Jenderal Denis Lyamin ini memiliki struktur yang sangat lengkap. Berbasis di Vladikavkas, Ossetia Utara, diperkuat oleh unit mekanis, artileri, roket, hingga pengintaian (reconnaissance).

Beberapa unit Garda Pasukan Gabungan ke-58 yang paling terkenal adalah Divisi Senapan Motor ke-19, Divisi Senapan Motor ke-42, Brigade Senapan Motor ke-136, Brigade Roket ke-12 dan Brigade Roket Anti-Pesawat ke-67.

VIVA Militer: Pasukan Garda Gabungan ke-58 Angkatan Darat Rusia

Photo :
  • rferl.org

Kemudian, salah satu pasukan elite yang berada di dalam struktur Garda Pasukan Gabungan ke-58 adalah Batalyon Vostok-Akmat.

Batalyon ini terdiri dari dua unit pasukan khusus Spetsnaz dari Badan Intelijen Militer Rusia (GRU) dan Divisi Senapan Motor ke-42 yang berbasis di Grozny, Republik Chechnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya