Pasukan Rusia Arahkan Moncong Puluhan Rudal Nuklir ke Ukraina

VIVA Militer: Batalyon Rudal 9K720 Iskander militer Rusia
Sumber :
  • tass.com

VIVA – Posisi militer Ukraina semakin terancam usai Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF) dikabarkan telah menambah unit rudal nuklir di sepanjang perbatasan, Rabu 21 Februari 2024.

Iran Lancarkan Serangan Balasan, Israel Langsung Ngadu ke Amerika dan PBB

Kabar tersebut diungkap oleh Wakil Kepala Direktorat Intelijen Utama militer Ukraina (HUR), Mayor Jenderal Vadym Skyibitskyi, dalam sesi wawancara khusus dengan Interfax-Ukraine.

Data intelijen Ukraina yang dibeberkan Skitbitsyi adalah penambahan jumlah unit rudal balistik jarak pendek berkemampuan nuklir 9K720 Iskander, oleh Pasukan Roket Strategis Rusia (RVSN).

Kisah Unik Jenderal TNI Bintang 3 yang Ditunjuk Jadi Pangdam Saat Tertidur Lelap

Menurut Skibitskyi, sebanyak 48 rudal nuklir Rusia itu disiagakan di sepanjang perbatasan. Jumlah tersebut termasuk dari dua unit rudal Iskander yang ditambahkan, sejak September 2023.

VIVA Militer: Rudal balistik nuklir 9K720 Iskander militer Rusia

Photo :
  • newsweek.com
Satgas Yonif 623/BWU TNI AD Gandeng Chef Bobon Gelar Makan Makan Besar di Daerah Rawan Papua

"Dua peluncur (rudal) tambahan telah ditambahkan ke perbatasan sejak September 2023. Tadinya 46, sekarang menjadi 48. Dua peluncur telah ditambahkan," ujar Skibitskyi. 

"Mereka telah menciptakan kelompok taktis tambahan yang digunakan untuk meluncurkan rudal balistik dari wilayah Rusia," katanya dikutip VIVA Militer dari The New Voice of Ukraine.

Sepanjang agresi militer Rusia di Ukraina yang dilancarkan sejak 24 Februari 2022, rudal ini disebut sudah digunakan beberapa kali. Beberapa diantaranya ke wilayah Chernihiv dan bahkan ke ibukota Kiev.

Kemudian pada Oktober 2023, militer Ukraina mengklaim serangan rudal Rusia itu menewaskan nyawa 52 orang di sebuah kafe di desa Hroza, Oblast (Provinsi) Kharkiv.

VIVA Militer: Serangan rudal balistik 9K720 Iskander militer Rusia

Photo :
  • eurasiantimes.com

Menurut laporan yang dinukil VIVA Militer dari media Jerman, Tagesschau, militer Rusia telah menempatkan puluhan rudal Iskander di Oblast Belgorod yang terletak 60 kilometer dari perbatasan Ukraina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya