Perang Lawan Iran, Militer Israel Ternyata Lebih Lemah dari Indonesia

VIVA Militer: Pasukan Pertahanan Israel (IDF)
Sumber :
  • sputniknews.com

VIVA – Sederet fakta terkuak pasca serangan besar-besaran Iran ke sejumlah wilayah Israel. Salah satunya adalah kekuatan pasukan zionis, yang ternyata tak lebih kuat dari Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Jokowi Khawatir Perang di Gaza Palestina Makin Dongkrak Harga Minyak Dunia

VIVA sebelumnya melaporkan dalam berita Minggu 13 April 2024, Pasukan Pertahanan Israel (IDF) dan Angkatan Bersenjata Iran (Artesh) memiliki kekuatan yang sekilas hampir setara. 

Militer Israel memiliki keunggulan dalam jumlah anggaran pertahanan yakni sebesar US$24,4 miliar atau setara dengan Rp385 triliun. Sementara, Iran hanya memiliki anggaran sebesar US$9,9 miliar, atau Rp156 triliun.

Israel Serang Rafah, Sri Mulyani Sebut Picu Dampak dan Dinamika Luar Biasa

Akan tetapi, militer Iran memiliki jumlah personel yang jauh lebih besar dibandingkan dengan Israel. Total pasukan aktif dan cadangan Iran mencapai 960.000 personel, sementara Israel hanya sebanyak 635.000 personel.

VIVA Militer: Rudal balistik Angkatan Bersenjata Republik Islam Iran

Photo :
  • jpost.com
Kelompok Hak Asasi Manusia Selidik 3 Kejahatan Perang Israel

Di sektor darat, militer Israel hanya unggul dalam jumlah Tank Tempur Utama (MBT) karena punya 6.135 unit. Sementara Iran hanya memiliki 3.555 unit. Selebihnya, Iran unggul dalam jumlah artileri, hingga roket.

Iran kalah kuat di sektor udara, khususnya dalam jumlah pesawat tempur, multiperan dan serang, Israel diperkuat oleh total 915 unit. Sementara Iran hanya punya 770 unit pesawat.

Dalam data yang dikutip VIVA Militer dari Global Firepower, Iran berada di posisi ke-14 dunia dalam hal kekuatan militer dengan indeks 0,2269. Sementara, Israel berada tiga tingkat di bawahnya dengan indeks 0,2596.

Ternyata, kekuatan militer kedua negara tersebut masih berada di bawah Indonesia. TNI berada di posisi ke-13 dunia sebagai pasukan terkuat dengan indeks kekuatan 0,2251.

VIVA Militer: Tank Leopard 2 TNI Angkatan Darat

Photo :
  • kostrad.mil.id

Indonesia memiliki anggaran jauh di atas Iran sebesar US$25 miliar, atau setara dengan Rp403 triliun, mesikipun masih kalah dari jumlah dana militer Israel. Dari jumlah personel, TNI kalah dari Iran dan unggul dari Israel karena memiliki total personel aktif dan cadangan mencapai 800.000 orang.

Sayangnya, militer Indonesia kalah telak dalam hal jumlah tank dan artileri di sektor darat jika dibanding Iran dan Israel. 

Sebab TNI hanya memiliki 235 unit tank dan 473 unit roket. Namun demikian, TNI memiliki keunggulan mutlak di sektor laut dengan jumlah total 333 unit aset.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya