Hussain Mekky, Komandan Hizbullah Tewas Dibom Jet Tempur Israel

VIVA Militer: Komandan senior Hizbullah, Hussain Ibrahim Mekky
Sumber :
  • israelhayom.com

VIVA – Seorang pimpinan milisi Hizbullah dikabarkan tewas akibat serangan udara militer Israel di kota Tirus, Lebanon, Selasa 14 Mei 2024. Komandan unit paramiliter pimpinan Hassan Nasrallah itu diketahui adalah Hussain Ibrahim Mekky. 

Terlalu Banyak Tewaskan Anak-anak, PBB Masukkan Israel Dalam Daftar Hitam

Dalam laporan yang dilansir VIVA Militer dari Middle East Monitor, Mekky menjadi salah korban tewas serangan jet tempur tentara Israel. Hizbullah membenarkan kematian Mekky dan salah seorang anggota lainnya. 

Menurut informasi lain yang dikutip VIVA Militer dari The Jerusalem Post, Mekky terbunuh dalam mobil yang sedang ditumpangi bersama anak buahnya.

Satgas Pamtas Bradjamusti Kostrad Kembali ke Barak, Pangdam XII/Tjp: Mereka Pulang Dengan Kehormatan

Mobil yang ditumpangi Mekky ternyata sudah dibidik oleh pesawat tempur Angkatan Udara Israel (IAF), yang mengudara usai menerima informasi intelijen.

VIVA Militer: Mobil komandan Hizbullah jadi target serangan udara Israel

Photo :
  • jpost.com
Banyak Korban Tewas di Gedung Sekolah UNRWA akibat Rudal Israel, AS Minta Penyelidikan Dibuka

Di sisi lain, militer Israel menyebut jika Mekky adalah salah satu komandan lapangan senior yang memimpin Front Selatan Hizbullah.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) juga menjelaskan alasan serangannya ke Tirus, yang disinyali menjadi salah satu basis milisi Hizbullah. Mekky dan anak buah dituduh merencanakan serangan ke wilayah negara zionis.

"Hussain Ibrahim Mekky, seorang komandan lapangan senior di Hizbullah, tereliminasi semalam oleh serangan pesawat IAF (Angkatan Udara Israel)," bunyi pernyataan IDF.

"Mekky bertanggung jawab atas berbagai aksi terorisme terhadap front dalam negeri Israel, dan sebelumnya ia menjabat sebagai komandan pasukan Hizbullah di wilayah pesisir," lanjut pernyataan tersebut.

Hizbullah terlibat konflik dengan rezim Benjamin Netanyahu sejak pecahnya agresi militer Israel di Jalur Gaza, Palestina, 7 Oktober 2023 lalu. 

Saling serang antara militer Israel dan pasukan Hizbullah Lebanon diklaim telah menewaskan 413 orang, termasuk 79 warga sipil yang tinggal di perbatasan kedua negara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya