COVID-19 Bunuh Ratusan Ribu Manusia, TNI Gempur Negeri Matahari Terbit

VIVA Militer: TNI AD di Merauke
Sumber :
  • TNI AD

VIVA – Virus Corona atau COVID-19 kini sudah menjadi musuh bersama bagi seluruh manusia di penjuru dunia, khususnya di Indonesia. Tak terkecuali di wilayah perbatasan Republik Indonesia.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang bertugas di wilayah perbatasan RI dengan Papua Nugini, terus berjibaku menggempur virus yang telah membunuh ratusan ribu penduduk bumi itu.

Komandan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan dari  Batalyon Infanteri Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad Mayor Inf. Rizky Aditya mengatakan, seluruh personel TNI yang bertugas di negeri matahari terbit Indonesia terus memerangi virus Corona dengan cara mensosialisasikan cara penyebaran virus corona ke sesama manusia.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Sosialisasi pencegahan COVID-19 itu dilakukan dengan cara door to door atau dari rumah ke rumah, sekaligus melakukan penyemprotan di pemukiman warga di wilayah perbatasan RI-PNG Sektor Selatan Kabupaten Merauke, Papua.

"Dan kita juga menyemprotkan cairan disinfektan ke rumah-rumah penduduk di wilayah perbatasan," kata Mayor Inf. Rizky Aditya seperti dikutip VIVA Militer dari situs resmi TNI AD.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

VIVA Militer: TNI AD semprot rumah warga di Merauke

Selain itu, lanjut Rizky, sosialisasi pencegahan penyebaran virus corona itu juga dilakukan di sejumlah wilayah binaan lainnya, seperti di Pos Kout Sota, Pos Bupul 13, Pos Rawa Biru, Pos Yanggandur, Pos Kuler yang terdapat di tiga Distrik berbeda, yaitu Distrik Sota, Distrik Naukenjerai dan Distrik Ulilin.

"Sinergitas bersama dengan lintas sektoral di wilayah binaan ini terus kita eratkan, khususnya dalam rangka melawan dan mencegah penularan Virus Corona di wilayah perbatasan RI-PNG," ujarnya.
 
Lebih jauh ia jelaskan, sejumlah pihak yang ikut terlibat dalam sosialisasi melawan virus Corona di Pos Kout Sota adalah Koramil 1707-16/Sota, Polsek Sota, Puskesmas Sota, Pemerintah Distrik Sota, Bea Cukai Sota, Kantor Imigrasi Sota, Stasiun Karantina Ikan Sota, Stasiun Karantina Pertanian Sota dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Sota.  

"Selain melaksanakan sosialisasi di kampung-kampung wilayah Distrik Sota, kami juga melakukan penyemprotan di Agrowisata Kuu Mandiri Mbanggu di Dusun Kuu, Kampung Sota," kata Rizky.

VIVA Militer: TNI AD  di Merauke

Sementara, di Pos Bupul 13 sosialisasi melawan corona melibatkan Lintas Sektoral Distrik Ulilin dalam hal ini Pos Ramil/Ulilin, Pospol Ulilin, Puskesmas Ulilin, dan Pemerintah Kampung Kirely, dengan cara mendatangi rumah-rumah warga memberikan sosialisasi pencegahan virus corona, mengajarkan cara mencuci tangan yang baik dan benar, serta melakukan penyemprotan desinfektan dirumah-rumah warga dan tempat umum.

"Hingga saat ini anjuran-anjuran pencegahan penularan Covid-19 dari pemerintah terus kita sosialisasikan kepada masyarakat di wilayah perbatasan, dengan terus menekankan rajin mencuci tangan, menjaga jarak minimal 1,5 m, berjemur selama 15-20 menit dan lebih baik dirumah saja,ujar Dansatgas itu.

Sementara itu, Ipda Marten Luter Kapospol Ulilin mengatakan, lintas sektoral di Ulilin terus bersinergi untuk melaksanakan kegiatan sosialisasi dan penyemprotan desinfektan dalam rangka memerangi guna mencegah penyebaran wabah virus corona khususnya di Kampung Kirely, Distrik Ulilin.

"Harapannya dengan sinergitas, melakukan langkah-langkah pencegahan ini akan dapat mengedukasi masyarakat dalam memahami penularan wabah Covid-19 atau yang kita kenal Virus Corona," kata Marten Luter.

Baca: Virus Corona Serang Militer Israel, 3 Jenderal Perang Yahudi Diisolasi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya