Tak Tahan Kelaparan di Hutan, Rambo OPM Papua Menyerah ke TNI

VIVA Militer: TPNPB pamer senjata.
VIVA Militer: TPNPB pamer senjata.
Sumber :
  • VIVA Militer/Istimewa

VIVA – Ternyata separatis bersenjata Organisasi Papua Merdeka (OPM) memang kelompok yang cuma bisa mengumbar kebohongan dan penipuan. Tak hanya kepada masyarakat, tapi juga kepada anggota mereka sendiri.

Hal itu yang dialami Tenius Tebuni, seorang anggota pasukan elit dari kelompok Rambo Lokbere OPM, pimpinan Egianus Kogoya. Tenius memutuskan untuk menyerahkan diri kepada prajurit TNI, Satuan Tugas Batalyon Infanteri Raider 323/Buaya Putih dari Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad), karena merasa telah ditipu OPM.

Dalam keterangan tertulis yang dilansir VIVA Militer dari Yonif Raider 323/BP Kostrad, Jumat 2 Oktober 2020, Tenius menceritakan, dia sudah lama bergabung dengan kelompok bersenjata OPM.

Bahkan, dia pernah bertempur dengan prajurit TNI, ketika kelompok Rambo Lokbere melakukan pengadangan di wilayah Habema pada tahun 2017.

Ketika diajak bergabung angkat senjata bersama OPM, Tenius diberi angin surga, OPM bakal membuat hidupnya sejahtera. OPM menjanjikan akan memenuhi semua kebutuhan hidup Tenius dan keluarganya. Tak hanya itu OPM juga menjanjikan imbalan berupa uang kepadanya.

Namun, apa yang terjadi?. Ternyata semua itu bohong belaka. Tenius mengaku sejak bergabung semua janji itu tak pernah dipenuhi OPM. Malahan, Tenius sering kelaparan di dalam hutan, karena tak ada persediaan makanan.

VIVA Militer: Prajurit Satgas Yonif Raider 323/BP bersama Tenius.