Prajurit TNI Pembuat Video Dukungan Rizieq Shihab Kena Sanksi Militer

VIVA Militer : Kapendam Jayakarta Kolonel Inf Refki Efirandana Edwar
Sumber :
  • Pen Kodam Jayakarta

VIVA – Kepala Penerangan Komando Daerah Militer Jaya/Jayakarta (Kodam Jaya/Jayakarta) Kolonel Inf Refki Efirandana Edwar menyatakan, pihaknya akan memberikan sanksi terhadap salah satu prajurit TNI yang bernama Kopral Dua (Kopda) Asyari Tri Yudha karena telah membuat rekaman video pendek yang berisikan dukungan terhadap Ketua Ormas Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab kemarin.

Anggota TNI di Bekasi yang Bersimbah Darah Ternyata Dibunuh, Pelakunya Sudah Ditangkap

Menurut Kolonel Refki, sanksi yang akan diberikan kepada Anggota Kompi A Batalyon Zeni Konstruksi (Yonzikon) 11/Durdhaga Wighra, Kodam Jaya itu karena Kopda Asyari telah menyalahi perintah atasan dalam bertugas mengamankan objek vital Bandara Udara Soekarno Hatta pada saat ribuan simpatisan FPI menjemput RIzieq Shihab yang datang dari Saudi Arabia.

"Dalam tata kehidupan militer, tindakan prajurit tersebut jelas bertentangan dengan hukum sebagaimana diatur dalam pasal 8 huruf a UU nomor 25 tahun 2014 tentang Hukum Disiplin Militer dan akan dijatuhi sanksi sesuai dengan tingkat kesalahannya," kata Kolonel Inf Refki Efirandana Edwar, Rabu, 11 November 2020.

Gudang Peluru TNI Kebakar, Brigjen Kristomei: Warga Dekat Lokasi Sudah Dievakuasi

Lebih jauh dia jelaskan, Prajurit Yonzikon 11/DW yang bermarkas di Matraman, Jakarta Timur itu pada hari Senin, 9 November 2020 memang ditugaskan dalam Satuan Tugas Pengamanan Objek Vital di Bandara Udara Soekarno Hatta. 

Kopda Asyari berangkat dari markasnya bersama rombongan prajurit TNI lainnya dengan menggunakan truk militer NPS dan duduk di bagian belakang truk bersama prajurit TNI yang lainnya. 

TNI AD Gelar Bazar Murah, Jenderal Maruli: Bantu Rakyat dapatkan Sembako Jelang Lebaran

Namun dalam perjalanan bertugas mengamankan objek vital negara yang dilakukan sehari sebelum kedatangan Rizieq Shihab, Kopda Asyari diduga telah merekam kondisi di dalam truk TNI yang berisikan sejumlah prajurit TNI siap bertugas dalam pengamanan bandara. Ironisnya, dalam rekaman video berdurasi 17 detik itu terdengar suara teriakan yang seolah-olah rombongan prajurit TNI AD itu akan memberikan pengamanan dan menyambut kedatangan Rizieq Shihab di Bandara Soekarno Hatta.

"On the way bandara, persiapan pengamanan Imam Besar Habib Rizieq Shihab. Kami bersamamu Imam Besar Habib Rizieq Shihab. Takbir. Allahu Akbar," bunyi rekaman suara dalam video tersebut.

Baca juga : Terkuak Prajurit TNI Heboh Teriak-teriak Rizieq Shihab Ternyata Asyari

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya