Omongan Adem Habib Rizieq ke Ibu-ibu soal Capres: Gak Boleh Maksa dan Kafirkan Orang

Habib Rizieq Shihab
Sumber :
  • IBTV

Jakarta – Pada baru-baru ini, Habib Rizieq Shihab memberikan ceramah yang tidak hanya membahas seputar agama tetapi juga menyinggung soal Pilpres 2024 di Majelis Markaz Syariah Petamburan pada Senin, 29 Januari 2024. 

Batalkan Aksi Relawan Turun ke Jalan Jelang Putusan Sengketa Pilpres di MK, Prabowo Tuai Pujian

Dalam ceramahnya, Habib Rizieq menyampaikan kepada para jemaahnya, khususnya para ibu-ibu, untuk tidak harus mengikuti ijtima ulama dalam memilih calon presiden. Menurutnya, meski pilihan pada akhirnya berbeda dengan hati nurani, tidak boleh ada pemaksaan atau saling mengkafirkan sesama umat.

Habib Rizieq Shihab (HRS)

Photo :
  • YouTube
Habib Bahar Gombalin Pelayan Restoran Cantik: Tangan Mbak Terlalu Indah

“Kalau umpamanya ibu tetap punya pilihan hati nurani, gak saya gak cocok dengan yang empat, saya pilih partai lain, itu hak ibu. Gak boleh ada yang maksa ibu, gak boleh ada yang mencaci maki ibu, gak boleh wah kamu ini gak betul, kamu ini sesat, kamu ini kafir karena kamu sudah milih partai yang tidak didukung ijtima ulama, gak boleh,” ujar Habib Rizieq Shihab yang dikutip dari YouTube Islamic Brotherhood Television (IBTV) dan diunggah ulang instagram @fakta.indo pada Rabu, 31 Januari 2024. 

Lebih lanjut, Habib Rizieq menjelaskan bahwa urusan pemilu ini termasuk dalam urusan furu, bukan ushul. Ia menekankan perbedaan pandangan yang mungkin muncul di kalangan umat dan mengajak untuk tidak terkejut menghadapinya.

Khawatir Ada Aksi saat Putusan Sengketa Pilpres, TKN Siapkan Satgas Khusus

Habib Rizieq Shihab

Photo :
  • IBTV

“Karena urusan pemilu ini, urusan furu bukan ushul. Ini bukan urusan ushuluddin bukan furu’uddin. Jadi kita berbeda, mungkin orang punya pandangan berbeda-beda. Makanya jangan kaget,” imbuhnya. 

Komentar netizen pun bermacam-macam. Ada yang memberikan apresiasi atas pernyataan Habib Rizieq yang dianggap penuh toleransi. Sementara, beberapa netizen juga menyatakan bahwa pandangan Habib Rizieq yang netral memberikan rasa adem. Mereka berpendapat bahwa Islam seharusnya dipenuhi dengan cinta dan kasih terhadap manusia dan alam semesta.

“Keren euy... Habib rizieq udah berubah sekarang. Udah guys, gausah ingat kesalahan beliau sebelumnya semua orang juga punya kesalahan. Salam toleransi.”

“Alhamdulillah. Jadi adem. Sejujurnya islam itu penuh cinta dan kasih untuk manusia dan alam semesta.”

“Alhamdulillah beliau netral.. “

“Setuju dengan habib rizieq, Lagian kocak juga pake ngeluarin fatwa wajib pilih ini.. maksa banget.. udah sering ngerendahin orang eh maksa orang juga buat milih dengan dalil fatwa.. Kocak..”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya