Kecanggihan KRI Rigel 933 Mendeteksi Kotak Hitam Sriwijaya Air SJ182

VIVA Militer: KRI Rigel 933 pendeteksi black box Sriwijaya Air SJ182
Sumber :
  • Dispenal

VIVA – Memasuki hari ketiga pencarian puing dan para korban pesawat Sriwijaya Air SJ182 memasuki babak baru.

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

Siang ini, para Tim Penyelam TNI AL yang tergabung dari Detasemen Jala Mangkara (Denjaka) Marinir TNI AL, Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI AL, Batalyon Intai Amfibi (Yontaifib), dan Dinas Penyelam Bawah Air (Dislambair) TNI AL dikabarkan telah berhasil menemukan salah satu black box atau kotak hitam yang berada di bawah tumpukan puing pesawat Sriwijaya Air SJ182.

Penemuan black box atau kotak hitam milik pesawat yang jatuh pada hari Sabtu siang, 9 Januari 2021 di perairan Kepulauan Seribu itu tidak lepas karena peran dari salah satu kapal perang TNI AL, yaitu KRI Rigel 933.

TNI Pemersatu Anak Bangsa Demi Kemajuan Indonesia

Sebagaimana telah diketahui, KRI Rigel 933 telah bergerak sejak Sabtu malam lalu menyisir lokasi jatuhnya kapal. Dan KRI Rigel telah berhasil mendeteksi keberadaan kapal di bawah laut antara Pulau Lancang dan Pulau Laki, Kepulauan Seribu, Jakarta Utara.

Untuk diketahui, KRI Rigel 933 ini merupakan jenis kapal survei atau Kapal Bantu Hidro-Oseanografi (BHO) yang baru dimiliki oleh TNI AL pada 11 Desember 2014 lalu.

TNI AL Akan Tambah Kekuatan Kapal Perang yang Memiliki Kemampuan Survey Bawah Laut

Kapal buatan Les Sables-d'Olonne, Prancis itu merupakan kapal perang tercanggih se-Asia. Kapal ini menjadi alat utama yang digunakan oleh Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) dalam memetakan bawah laut dalam proses pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ182 di perairan Kepulauan Seribu.

KRI Rigel 933 dilengkapi dengan peralatan Autonomous Underwater Vehicle (UAV) yang berfungsi melaksanakan pencitraan bawah laut sampai kedalaman 1000 meter dan mengirimkan kembali data secara periodik ke kapal KRI Rigel.

Selain itu, Kapal Perang KRI Rigel 933 ini juga dilengkapi dengan Remotely Operated Vehicle (ROV), Side Scan Sonar (SSS), Lases Scanner untuk mendapatkan gambaran daratan, Automatic Weather Station (AWS), Echosounder Multibeam laut dalam dan Singlebeam, Peralatan CTD (Conductivity Temperatureand Depth), Gravity Corer, serta kelengkapan Laboratorium yang dapat digunakan dalam survei perikanan.

Untuk diketahui, Remote Operated Vehicle (ROV) KRI Rigel 933 adalah salah satu alat yang diterjunkan dalam pencarian black box pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang dilakukan oleh Pushidrosal untuk mendukung penyelaman yang dilakukan oleh Tim Penyelam Gabungan TNI AL, hingga salah satu black box Sriwijaya Air SJ182 berhasil ditemukan oleh Dinas Penyelam Bawah Air (Dislambair) TNI AL.

Baca juga: Pasukan Penyelam TNI AL Temukan Black Box Sriwijaya Air SJ182

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya