TNI AL Akan Tambah Kekuatan Kapal Perang yang Memiliki Kemampuan Survey Bawah Laut

VIVA Militer: Danpushidrosal Laksdya TNI Nurhidayat
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

Jakarta – Komandan Pusat Hidro-Oseanografi Angkatan Laut (Danpushidrosal) TNI AL Laksamana Madya (Laksdya) TNI Nurhidayat mengatakan, saat ini TNI AL telah merencanakan untuk menambah kapal perang TNI Angkatan Laut yang memiliki kemampuan survey bawah laut.

Tak Ciut dengan Gempuran AS, Houthi Mengganas Beri Perlawanan Sengit

Danpushidrosal mengakui, bahwa saat ini Pushidrosal masih kekurangan kapal survey untuk melakukan pemetaan bawah laut. Sebab, saat ini Pushidrosal TNI AL baru mempunyai dua unit kapal survey, yaitu KRI Spica-934 dan KRI Rigel-933.

Danpushidrosal Laksdya TNI Nurhidayat menambahkan, kapal survey TNI Angkatan Laut baru itu dikerjakan oleh perusahaan galangan kapal dalam negeri, yaitu PT. Palindo Marine yang berada di Batam.

Mayjen Gadungan Nekat Masuk Markas TNI, Fakta-fakta Penyebab Tewasnya Polisi di Mampang

Setelah rangka kapal survey buatan dalam negeri itu jadi, maka kapal tersebut nantinya akan dibawa ke Jerman untuk dilengkapi peralatan teknologi terbaru yang akan digunakan dalam survey bawah laut oleh Pushidrosal.

KRI Rigel-933.

Photo :
  • Miranti Hirschmann/Spanyol
Aksi Mulia Prajurit Wing Komando I Kopasgat Sentuh Warga Kampung Jatiwaringin Pondok Gede

"Karena ada peralatan-peralatan (survey) yang harus dipasang dan itu buatan dari Jerman, sehingga itu dibuat di sana, kemudian dipasang peralatan itu termasuk komputernya sehingga nanti dibawa ke Indonesia dalam keadaan siap," kata Laksdya TNI Nurhidayat usai menghadiri acara penyematan Brevet Kehormatan Hidro-Oseanografi kepada Megawati Soekarnoputri dan Seminar Internasional Hari Hidrografi Dunia di Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu, 21 Juni 2023.

"Saya sih berharapnya sebelum 2025 sudah selesai sehingga bisa memperkuat alutsista kita untuk bagaimana 6.400.000 Km persegi bisa dipetakan dengan baik," ujarnya.

Ilustrasi penganiayaan.

Viral Remaja Aniaya Bocah di Bandung, Ngaku Keponakan Jenderal TNI

Viral di media sosial seorang remaja melakukan penganiayaan terhadap bocah di Bandung, Jawa Barat. Pelaku mengaku keponakan jenderal TNI.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024