Megawati Terima Brevet Kehormatan Hidro-Oseanografi dari TNI AL

VIVA Militer: Megawati SP terima Brevet Kehormatan Hidro-Oseanografi TNI AL
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

Jakarta – Presiden RI Kelima yang juga Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Prof.Dr. (HC) Megawati Soekarnoputri menerima penghargaan Brevet Kehormatan Hidro-Oseanografi dari TNI Angkatan Laut.

Viral Remaja Aniaya Bocah di Bandung, Ngaku Keponakan Jenderal TNI

Penyematan Brevet Kehormatan kepada putri Sang Proklamator Ir. Soekarno itu dilakukan dalam acara seminar internasional Peringatan Hari Hidrografi Dunia 2023 yang digelar di Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara,  Rabu, 21 Juni 2023.

Sebelum brevet diserahkan, terlebih dahulu dibacakan surat Keputusan yang ditandatangani Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Muhammad Ali. 

Tak Ciut dengan Gempuran AS, Houthi Mengganas Beri Perlawanan Sengit

“Kepala Staf Angkatan Laut mempertimbangkan dan memutuskan, menetapkan keputusan pemberian Brevet Kehormatan kepada nomor 1 Prof.Dr (HC) Megawati Soekarnoputri, jabatan Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN),” bunyi Surat Keputusan yang ditandatangani KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali tersebut.

Selain Megawati, TNI AL juga memberikan Brevet Kehormatan yang sama kepada sejumlah pejabat lainnya, diantaranya adalah Asisten Perencanaan Kepala Staf Angkatan Laut (Asrena Kasal) Laksamana Muda (TNI) Iwan Isnurwanto, Dirjen Hukum dan Perjanjian Internasional Kementerian Luar Negeri Amrih Jinangkung, serta Bebeb AK Nugraha Djundjunan yang merupakan Dubes Luar Biasa Berkuasa Penuh RI untuk Yunani. 

Mayjen Gadungan Nekat Masuk Markas TNI, Fakta-fakta Penyebab Tewasnya Polisi di Mampang

“Keputusan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan. Ditetapkan di Jakarta pada 20 Juni 2023,” demikian lanjutan keputusan tersebut. 

Pantauan VIVA Militer di lapangan, usai mendengarkan pembacaan Surat Keputusan Penyematan Brevet Kehormatan Hidro-Oseanografi tersebut, Megawati Soekarnoputri dihantarkan oleh Ketua DPP PDI Perjuangan Eriko Sotarduga berjalan menuju panggung. 

Kemudian Megawati Soekarnoputri langsung disambut oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono dan Komandan Pushidrosal Laksdya TNI Nurhidayat. 

Kemudian, sebuah jaket dipakaikan kepada Megawati Soekarnoputri. Lalu, Wakasal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono mewakili KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali langsung menyematkan Brevet Kehormatan Hidro-Oseanografi TNI AL kepada Megawati Soekarnoputri.

Setelah itu, ditemani oleh Kepala BRIN Laksana Tri Handoko, Megawati menyaksikan secara langsung proses penandatanganan Letter of Intent (LOI) antara TNI AL dengan BRIN. Hal ini juga disaksikan langsung oleh para pejabat TNI AL. 

Usai prosesi itu semua dilakukan, Megawati kemudian diminta untuk tetap berada di atas panggung untuk memberikan masukan sebagai pembicara kunci dalam acara tersebut. 

Untuk diketahui, selain upacara penyematan Brevet Kehormatan, Megawati Soekarnoputri juga hadir sebagai pembicara di seminar yang mengambil tema “Hydrography; Underpinning The Digital Twin of The Ocean”. 

Selain Megawati, sejumlah narasumber turut hadir menjadi pembicara dalam seminar internasional Hari Hidrografi Dunia tersebut, diantaranya adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Kepala BMKG Prof.Dr.Dwikorita Karnawati, Director of Research and Technology Centre, University of Kiel, Germany Prof. Dr. Roberto Mayerle, Kepala Badan Hidrografi Malaysia Rear Admiral Dato' Hanafiah Bin Hassan, dan Asrena Kasal Laksda TNI Iwan Isnurwanto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya