Aksi Sersan Marinir TNI di Pantai Sanur Bikin Geleng-geleng

VIVA Militer: Pasukan Detasemen Jalamangkara (Denjaka) TNI Angkatan Laut
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Salah satu kemampuan terbaik yang dimiliki oleh anggota Korps Marinir TNI Angkatan Laut tentunya adalah berenang. Terlebih lagi anggota satuan paling elite matra laut, Detasemen Jalamangkara (Denjaka), yang punya kehebatan renang lebih hebat lagi.

Seminggu Dilantik,Kolonel Marinir Rana Tancap Gas Gelar Entry Briefing Prajurit Petarung Balasanggha

Adalah Sersan Dua (Serda) Marinir Putu Harsana, yang baru saja membuktikan diri sebagai yang terbaik dalam lomba renang 10 kilometer, di ajang Oceanman Water Swimming 2021.

Diikuti oleh sejumlah negara kuat semisal Ukraina, Australia, Prancis, Belanda dan Amerika Serikat (AS), Serda Marinir Putu Harsana jelas mendapat lawan berat. Akan tetapi, bintara TNI Angkatan Laut yang berdinas di Detasemen Jalamangkara, mampu mengalahkan lawan-lawannya.

Menegangkan! Tentara Korea Selatan Gelar Latihan Senjata Besar di Dekat Perbatasan Korut

Digelar di kawasan Sanur, Denpasa, Bali, Sabtu 18 September 2021, Putu berhasil menjadi yang tercepat di ajang lomba renang 10 km Oceanman Water Swimming 2021.

Menempuh jarak 10 kilometer, Putu menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 3 jam 23 menit 22,0 detik. 

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

VIVA Militer: Serda (Mar) Putu Harsana

Photo :
  • Dinas Penerangan Korps Marinir TNI Angkatan Laut

Catatan waktu yang ditorehkan Putu unggul dari perenang Indonesia lainnya, Cristoper Tanu Wijaya, yang berada di posisi kedua dengan catatan waktu 3 jam 45 menit 29,0 detik. Sementara di posisi ketiga, ada perenang Australia, Stewart Spiessen Divers, dengan catatan waktu 3 jam 47 menit 07,0 detik.

Renang jarak jauh jelas menjadi salah satu keahlian anggota Korps Marinir, terlebih bagi anggota Denjaka. Sebab, untuk menjadi anggota Marinir atau Denjaka, seorang prajurit TNI Angkatan Laut harus menempuh pendidikan berat yang melebihi batas normal manusia.

Selain renang jarak jauh, anggota Marinir dan Denjaka juga dilatih bertahan hidup di dalam air. Salah satu pendidikan yang paling berat adalah meloloskan diri dari dalam air dalam hitungan menit, dengan kondisi tangan dan kaki terikat kuat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya