Diguyur Hujan, Panglima TNI Pimpin Ziarah Nasional Dengan Khusyuk

VIVA Militer:Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto pimpin upacara di TMP Kalibata
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

VIVA – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto hari ini memimpin Upacara Ziarah Nasional dan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Kalibata, Jakarta Selatan.

19 Pati TNI Naik Pangkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Pantauan VIVA Militer di lapangan, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto tiba di TMP Kalibata, Jakarta Selatan sekitar pukul 15.30 WIB. Dengan didampingi Kepala Staf Angkatan dan sejumlah Pejabat Mabes TNI, Panglima TNI langsung menuju Plaza TMP Kalibata.

Meskipun hujan deras, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto tetap khusyuk memimpin jalannya upacara memperingati HUT TNI ke-76 tahun sore tadi.

Operasi Perdamaian Dunia, Mabes TNI Akan Kirim 1.025 Prajurit Pilihan ke Kongo

Upacara diawali dengan meletakkan karangan bunga di bawah Tugu Garuda. Setelah itu, Panglima TNI bersama rombongan langsung menuju pusara Presiden RI ketiga, BJ. Habibie, kemudian dilanjutkan ke pusara ke sejumlah pahlawan revolusi lainnya.

Untuk diketahui, ziarah nasional dan tabur bunga yang digelar hari ini dilakukan secara serentak ke makam-makam mantan Presiden Republik Indonesia. 

Wakasal Laksdya TNI Erwin Hadiri Upacara Peringatan HUT Ke-78 TNI AU

VIVA Militer: Panglima TNI pimpin doa di pusara Presiden RI ke-5 BJ. Habibie

Photo :
  • Istimewa/Viva Militer

Ziarah di makam Presiden RI pertama, Ir. Soekarno di Blitar Upacara dipimpin oleh Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto. Sementara ziarah di makam Presiden RI kedua, Jenderal TNI (Purn) H.M. Soeharto di Astana Giri Bangun, Solo yang dipimpin oleh Irup Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Rudianto.

Kemudian, ziarah di makam Presiden RI keempat, KH. Abdurrahman Wahid di Jombang dipimpin oleh Dankodiklatal Laksdya TNI Nurhidayat.

Selain ziarah ke makam para mantan Presiden RI, ziarah nasional hari ini juga dilakukan di makam Panglima Besar Jenderal Soedirman di TMP Kusuma Negara Semaki Yogyakarta yang dipimpin oleh Gubernur AAU Marsda TNI Nanang Santoso sebagai Irup Upacara.

"Kegiatan Ziarah Nasional dan Tabur Bunga sebagai rangkaian pelaksanaan kegiatan Peringatan HUT ke-76 TNI Tahun 2021. Adapun maksud dan tujuan diselenggarakannya acara Ziarah Nasional dan Tabur Bunga kali ini adalah untuk mengenang jasa-jasa para Almarhum mantan Presiden Republik Indonesia dan Panglima Besar Jenderal Soedirman yang telah berjuang dan rela mengorbankan jiwa dan raganya demi kemerdekaan dan kemajuan bangsa Indonesia," kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Senin, 4 Oktober 2021.

Pantauan di lapangan, sejumlah Perwira Tinggi (Pati) TNI hadir mendampingi Panglima TNI dalam upacara hari ini, diantaranya Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, Wakasad Letjen TNI Bakti Agus Fadjari, dan Kasum TNI Letjen TNI Eko Margiyono.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya