Ratusan Pasukan Elite Kopasgat Berkumpul di Bandung, Ada Apa?

VIVA Militer: Pasukan elit Kopasgat gelar Apel Embun di Monumen Kopasgat Bandung
Sumber :
  • Pen. Kopasgat TNI AU

VIVA – Ratusan pasukan elit Korps Pasukan Gerak Cepat atau Kopasgat TNI Angkatan Udara pagi tadi berkumpul di Lapangan Monumen Kusuma Bangsa Kopasgat, Bandung, Jawa Barat. Bahkan, mereka sudah memenuhi lapangan sebelum matahari terbit menyinari bumi Tanah Pasundan. 

Berhasil Gagalkan Penyelundupan Sabu, 2 Prajurit Pulanggeni Kopasgat TNI AU Dapat Penghargaan

Lalu, apa yang dilakukan oleh pasukan Korps Baret Jingga itu?

Ternyata, Komandan Kopasgat Marsekal Muda TNI Eris Widodo sengaja mengumpulkan prajurit baru pasukan elit TNI Angkatan Udara itu dalam rangka Apel Luar Biasa yang dinamakan Apel Embun Kopasgat.

Innalillahi, Letnan Emil Perwira Pasukan Khusus Rahasia Satbravo 90 Kopasgat TNI Meninggal Dunia

Dalam Apel Pasukan itu, Dankopasgat melalui Asisten Operasi Kopasgat Kolonel Pas Sonruta Tambunan menjelaskan, bahwa Apel Embun merupakan Apel pemberangkatan tugas anggota baru Kopasgat yang telah menjadi tradisi Korps Baret Jingga.

VIVA Militer: Pasukan elit Kopasgat gelar Apel Embun di Monumen Kopasgat Bandung

Photo :
  • Kopasgat TNI AU
Termasuk Kopassus, Ini 5 Pasukan Elite TNI yang Bikin Kena Mental Tentara Asing

"Apel embun juga sebagai sarana dalam rangka pembinaan tradisi kejuangan untuk memupuk jati diri sebagai prajurit Kopasgat yang berlandaskan Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI dan 12 ciri-ciri prajurit komando serta menjadi prajurit militan sejati yang menjadi kebanggaan Korps Baret Jingga," kata Dankopasgat Marsda TNI Eris Widodo dilansir VIVA Militer dari keterangan resminya, Rabu, 9 Februari 2022.

Lebih lanjut Dankopasgat menyampaikan bahwa cita-cita dan pilihan menjadi prajurit Komando Pasukan Gerak Cepat sudah tepat sebagai ladang pengabdian kepada bangsa dan negara. 

"Dimana kalian nanti merupakan ujung tombak dari pelaksana tugas Kopasgat yang berada di satuan-satuan jajaran, baik pada operasi militer perang (OMP) dan operasi militer selain perang (OMSP), untuk itu jaga nama baik Kopasgat dimanapun kalian berada," ujarnya.

Untuk diketahui, pada apel embun yang diikuti seluruh prajurit Kopasgat yang baru saja menyelesaikan pendidikan Komando tersebut dilaksanakan pula pengucapan Sumpah Prajurit Komando dan prosesi passing out parade sebagai bukti bahwa para prajurit sudah layak menjadi prajurit Para Komando Kopasgat dan dapat menjalankan tugas di medan yang sebenarnya di satuan jajaran Kopasgat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya