Lagi, TNI AL Bongkar Pengiriman PMI Illegal, 14 Diantaranya Perempuan

VIVA Militer: TNI AL gagalkan pengiriman PMI Ilegal ke Malaysia
Sumber :
  • Dispen Lantamal I

VIVA – TNI Angkatan Laut kembali berhasil menggagalkan pengiriman atau penyelundupan Pekerja Imigran Indonesia (PMI) Ilegal ke luar negeri. Kali ini, giliran Tim Gabungan F1QR Lanal Dumai dan Tim Satgas Dispamsanal yang berhasil mengungkap rencana pemberangkatan para pekerja imigran ilegal itu ke Negeri Jiran, Malaysia.

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

Dari operasi tersebut, telah diamankan sebanyak 22 PMI Ilegal yang terdiri dari delapan orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Semuanya diamankan oleh jajaran TNI Angkatan Laut di Pesisir Pantai Sepahat, Kabupaten Bengkalis, Riau saat sedang akan berangkat melalui jalur tikus menuju Malaysia.

Keberhasilan pengungkapan pengiriman PMI ilegal itupun langsung dikoordinasikan oleh Danlanal Dumai Kolonel Laut (P) Himawan kepada pihak terkait, yaitu jajaran Polres Bengkalis dan BP2MI guna penyelidikan lebih lanjut terhadap upaya penyelundupan PMI ilegal tersebut.

Polisi Gagalkan Penyelundupan 6 Wanita untuk Jadi PMI ke Malaysia

Sementara itu, Komandan Lantamal I Laksamana Pertama Johanes Djanarko Wibowo mengatakan, TNI Angkatan Laut akan terus melakukan patroli secara terus menerus terutama pada wilayah-wilayah yang disinyalir menjadi jalur keluar masuk melalui jalur tikus, baik itu berupa komoditi dari luar negeri, barang ilegal, bahkan narkoba serta penyelundupan pekerja migran ilegal yang terjadi di wilayah kerja Lantamal I.

"TNI AL tidak akan kompromi terhadap hal yang mengancam kedaulatan negara, tindak pidana dan pelanggaran di laut," kata Danlantamal I Laksma TNI Johanes Djanarko Wibowo dalam keterangan resmi yang diterima VIVA Militer, Selasa, 1 Maret 2022.

TNI Pemersatu Anak Bangsa Demi Kemajuan Indonesia

lebih jauh dia katakan, seluruh jajaran Lantamal I TNI AL akan selalu mendukung kebijakan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono yang sangat konsen dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari berbagai tindak kejahatan yang terjadi di sekitar wilayah perairan Indonesia, termasuk dalam mencegah pengiriman PMI Ilegal ke luar negeri.

"Kita tidak akan melakukan pembiaran serta mencegah kegiatan-kegiatan illegal seperti pengiriman PMI Ilegal yang masih terjadi hal itu sesuai dengan perintah Bapak Kasal Laksamana Yudo Margono," ujarnya.

VIVA Militer: 28 Pekerja Migran Indonesia (PMI) Ilegal diamankan TNI AL

Sempat Kejar-kejaran di Laut, TNI AL Berhasil Gagalkan Penyelundupan 28 TKI Ilegal di Tanjung Uban

Mereka diamankan oleh Tim F1QR Lanal Bintan

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024