Viral! Pekerja Migran Indonesia Wiji Lestari Meninggal Dunia di Taiwan

PMI Ilegal Wiji Lestari Didiagnosa Kanker Payudara
Sumber :
  • TikTok

Taipei – Seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) Taiwan asal Ponorogo, Wiji Lestari dinyatakan meninggal dunia setelah dirawat di rumah sakit di Taiwan, dengan diagnosa kanker payudara stadium 4. Kondisi Wiji viral di sosial media TikTok, yang diunggah oleh akun @my_soul_8053, pada 22 Juni 2023. 

Cek Penerapan Aturan Impor untuk PMI di Bandara Soetta, Mendag Zulhas Temukan Ini

Melalui akun TikToknya, rekan Wiji, sekaligus pemilik akun TiktTok tersebut menerangkan bahwa pihak kedokteran Taiwan ingin membantu, namun terkendala birokrasi karena Wiji merupakan PMI ilegal

"Kondisi Mbak Wiji terkini yang guys, ini beliau udah kanker payudara stadium 4," kata pemilik akun tersebut, yang juga merupakan PMI di Taiwan, dikutip pada Senin, 26 Juni 2023. 

Kata Jonatan Christie Usai Pastikan Langkah Indonesia ke Final Thomas Cup 2024

Wiji Lestari

Photo :
  • TikTok

"Tadi aku sudah ngomong panjang lebar sama dokternya, dokternya ingin membantu, banyak ingin membantu. Tapi terkendal dengan birokrasi karena Mbak Wiji (PMI) ilegal," lanjutnya. 

Paparkan Revolusi Ketenagakerjaan PMI, Kepala BP2MI Sebut Golden-Triangle Harus Kolaborasi Solid

Dia juga menjelaskan lebih lanjut bahwa Wiji dalam kondisi kritis. Pihak kedokteran ingin membantu, namun membutuhkan persetujuan dari kedua negara. 

"Dokter ingin membantu, tapi mungkin ya harus ada persetujuan dari kedua belah pihak negara yang bekerja sama Taiwan dan Indonesia," ujarnya. 

Dalam kesempatan yang sama, dia juga meminta warga TikTok agar memviralkan video tersebut, hingga mendapatkan respons dari Pemerintah Indonesia. Namun, pada Minggu, 25 Juni 2023, Wiji dinyatakan meninggal dunia tanpa mendapatkan bantuan dari pihak pemerintah. 

"Selamat jalan mba, semoga Khusnul khatimah aamin."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya