Kebakaran Hutan di Kanada, Kota Montreal Diselimuti Kabut Asap

Ilustrasi Kebakaran Hutan dan Lahan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Montreal – Kebakaran hutan di Kanada membuat kota Montreal diselimuti kabut asap, pada Minggu, 26 Juni 2023. Insiden ini membuat kualitas udara menjadi yang terburuk dari kota besar mana pun di dunia. 

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

"Kota terpadat di provinsi Quebec memiliki kualitas udara yang tidak sehat," menurut IQAir, yang melacak polusi di seluruh dunia, saat ratusan kebakaran hutan terjadi di seluruh negeri. 

Lingkungan Kanada juga mengeluarkan peringatan kabut asap di beberapa wilayah Quebec akibat kebakaran tersebut. Mereka mengatakan bahwa konsentrasi partikel halus yang tinggi menyebabkan kualitas udara yang buruk dan mengurangi jarak pandang. 

KM Bukit Raya Terbakar di Muara Sungai Kapuas, Penumpang Panik Berjibaku Padamkan Api

Ilustrasi kebakaran hutan.

Photo :
  • Istimewa

"Kondisi tersebut akan bertahan hingga Senin pagi," ujarnya, dikutip dari The Sundaily, Senin, 26 Juni 2023. 

Viral Bule Kanada Ungkap Pengalaman Nikah dengan Wanita Indonesia: Mereka yang Terbaik

Badan tersebut mendesak warga untuk menghindari aktivitas di luar ruangan, dan memakai masker wajah jika mereka harus pergi ke luar. Kolam renang luar ruangan dan area olahraga juga telah ditutup, dan beberapa acara di luar ruangan, termasuk konser dan kompetisi olahraga, telah dibatalkan karena kabut asap yang tidak sehat. 

"Ini benar-benar seperti kabut, kecuali asap dari kebakaran hutan. Sangat sulit untuk bernapas, dan mata juga sedikit perih," kata Fauve Lepage Vallee, yang menyesalkan bahwa festival yang seharusnya dia hadiri telah dibatalkan. 

Menurut Badan Perlindungan Hutan Quebec, SOPFEU, ada 80 kebakaran hutan aktif di Quebec, dengan beberapa kebakaran terjadi selama akhir pekan karena cuaca kering dan suhu tinggi. 

“Lebarnya asap membuat sangat sulit bagi tanker udara dan helikopter untuk beroperasi secara efektif,” kata SOPFEU. 

Namun, hujan dalam jumlah yang signifikan diperkirakan akan terjadi pada hari Senin atau Selasa di barat laut provinsi tersebut. Selain itu, pada Rabu, 28 Juni 2023, 119 petugas pemadam kebakaran Prancis akan tiba di Quebec untuk membebaskan kontingen rekan senegaranya di lapangan sejak awal Juni. 

“Mereka juga akan dikerahkan ke Roberval, 250 kilometer (150 mil) utara Kota Quebec, untuk misi 21 hari," ujar Stephane Caron, juru bicara SOPFEU.

Sebagai infromasi, di seluruh Kanada, Canadian Interagency Forest Fire Center (CIFFC) mencantumkan lebih dari 450 kebakaran aktif, dan sekitar 240 di antaranya dianggap di luar kendali. Kanada mengalami tahun kebakaran yang belum pernah terjadi sebelumnya, dengan lebih dari 7,4 juta hektar terbakar sejak awal Januari.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya