Jadi Komandan Pasukan Elite, Mayor Kostrad TNI Jalan Kaki 5 Kilometer

VIVA Militer: Mayor Inf Tinton.
Sumber :
  • Penkostrad

VIVA – Tentara Nasional Indonesia (TNI) baru saja melakukan pergantian jabatan komandan di satuan tempur Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad).

Gara-gara Rumah Dinas Bagus Ini,Pasukan Tengkorak Kostrad Diganjar 5 Miliar Sama Jenderal TNI Maruli

Berdasarkan siaran resmi Penerangan Kostrad dilansir VIVA Militer, Kamis 10 Maret 2022, salah satu satuan yang berganti pucuk pimpinan ialah Batalyon Infanteri (Yonif) Para Raider 432/Waspada Setia Jaya.

Komandan sebelumnya yaitu Letnan Kolonel (Letkol) Inf Agus Pujo Priyo Sumedi telah digantikan oleh juniornya, yaitu Mayor Inf Tinton Amin Putra.

Merinding, Isi Pesan Terakhir Raja Aibon ke Pasukan Tengkorak Sebelum Tinggalkan Kostrad TNI

Nah, walau sudah resmi menjabat Komandan Yonif Para Raider 432/WSJ, bukan berarti Mayor Inf Tinton bisa langsung masuk ke markas dan menduduki kursi komandan.

Sebab, di satuan pasukan elite tempur Kostrad ini ada sebuah tradisi yang wajib dilakukan seorang prajurit TNI yang baru bergabung dalam satuan. Apa tradisinya?

Mayjen TNI Anton Resmi Jabat Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Gantikan Mayjen Haryanto

VIVA Militer: Mayor Inf Tinton.

Photo :
  • Penkostrad

Jadi, Mayor Inf Tinton wajib berjalan kaki sejauh lima kilometer dari daerah Panasakang ke Markas Brigade Infanteri (Brigif) Para Raider Kostrad di Karianggo, Maros, Sulawesi Selatan.

Jalan kaki pun harus dilakukan dengan mengenakan helm tempur serta membawa beban di punggung dan pinggangnya. Walau begitu, Mayor Inf Tinton tak jalan kaki seorang diri di bawah terik matahari. Tapi, ada sekitar 50 prajurit yang terdiri dari bintara dan tamtama yang turut bersamanya.

Di antara lalu lalang kendaraan, dengan penuh semangat, Mayor Inf Tinton berjalan paling depan di jalanan beraspal sesuai rute yang telah direncanakan.

VIVA Militer: Mayor Inf Tinton.

Photo :
  • Penkostrad

Menurut Komandan Brigif PR 3 Kostrad Kolonel Inf Fadli Mulyono, tradisi ini merupakan suatu upaya menumbuhkan jiwa korsa prajurit dan menanamkan rasa kebanggaan, mencintai dan memiliki serta bertanggungjawab terhadap keberadaan di satuannya yang ditempati dan tak kalah pentingnya yaitu dapat keberadaannya dapat memberikan manfaat dan  prestasi yang bisa mengharumkan nama satuan Brigif PR 3 Kostrad.

Setiba di Markas Brigif 3 PR Kostrad, Mayor Inf Tinton langsung dikalungi rangkaian bunga, lalu diguyur dengan air kembang. Dan barulah dinyatakan resmi menjadi keluarga besar Brigif 3 PR Kostrad dan

Danbrigif PR 3 Kostrad Pimpin Tradisi Masuk Satuan Danyonif PR 432 Kostrad dan Yonif Para Raider 432/WSJ. "Selamat datang Mayor Inf Tinton Amin Putra, selamat bergabung di Brigif PR 3 Kostrad, silakan menyesuaikan dengan dinamika tugas satuan ini dengan mencurahkan hati dan pikiran untuk  kejayaan satuan ini," kata Kolonel Inf Fadli Mulyono.

Baca: Ukraina Mencekam, Dua Perwira Pasukan Elite Rusia Tewas Mengenaskan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya