Pasukan Elite Kopasgat TNI AU Gembleng 500 Komcad Matra Udara

VIVA Militer: 500 Komcad Matra Udara siap dilatih di Pusdik Kopasgat TNI AU
Sumber :
  • Dispenau

VIVA – Pusat Pendidikan Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) Lanud Sulaiman, Margahayu Bandung saat ini tengah menggelar Latihan Dasar Kemiliteran (Latsarmil) bagi 500 Komponen Cadangan (Komcad) Pertahanan Negara Matra Udara.

Kabar Bahagia TNI, Sarah Puspita Sah Dinikahi Sersan Polisi Militer Hantu Laut Marinir

500 Komcad itu rencananya akan digembleng oleh para instruktur atau pelatih dari pasukan elite TNI Angkatan Udara, Kopasgat selama tiga bulan kedepan. Berbagai materi dan latihan dasar militer pun telah disiapkan secara khusus untuk para Komcad yang nantinya akan memperkuat pertahanan negara dari unsur matra udara tersebut.

Dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Dispenau, Selasa, 31 Mei 2022, Pendidikan Latsarmil Komcad Matra Udara itu dibuka secara resmi oleh Direktur Jenderal  Potensi Pertahanan (Dirjen Pothan) Kementerian Pertahan RI, Mayjen TNI Dadang Hendrayudha dengan ditandai penyematan tanda peserta latihan di lapangan upacara "Jingga" Kopasgat Bandung, pada hari Senin, 30 Mei 2022 kemarin.

Penuh Bangga, Mayjen TNI Bangun Nawoko Sambut Kemenangan Prajuritnya dari Medan Laga

Dalam sambutan tertulis Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto yang dibacakan Dirjen Pothan Mayjen TNI Dadang Hendrayudha saat memimpin upacara menyampaikan, Komcad merupakan subsistem pertahanan Negara yang harus dipersiapkan sejak dini. 

Sebagai Subsistem Pertahanan Negara, lanjutnya, maka dibutuhkan Komponen Cadangan (Komcad) yang mampu memperbesar dan memperkuat komponen utama pertahanan negara. Proses pembentukannya didasari pada kebutuhan dan kemampuan kekuatan pertahanan Negara Indonesia dengan memadukan kekuatan pertahanan militer dan non-militer.

Sergap Rumah Berisi Senjata Api, Pria Tegap Misterius di Sei Meranti Ternyata Intel TNI

Prabowo meyakini, salah satu strategi pertahanan Negara Indonesia dalam menghadapi perkembangan dinamika lingkungan strategis adalah strategi Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishamkamrata) yang melibatkan seluruh sumber daya nasional.
     
"Sistem ini melibatkan pengelolaan seluruh sumber daya nasional yang meliputi segenap sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya buatan, serta sarana dan prasarana nasional di seluruh NKRI sebagai satu kesatuan pertahanan dalam mengurangi ancaman," kata Menhan RI Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto.

Dalam kesempatan itu, Menhan RI juga menyampaikan apresiasi dan rasa bangga kepada seluruh Komcad pertahanan Negara. Dia berharap, seluruh Komcad dapat mengikuti Latsarmil yang telah disiapkan oleh para pelatih atau instruktur di satuan matra masing-masing.
     
Untuk diketahui, Komcad Matra Udara berasal dari warga negara Indonesia dengan berbagai latar belakang pendidikan dan profesi yang beragam. Pada penerimaan tahun ini, terdapat sejumlah warga negara yang berprofesi sebagai pilot pesawat terbang, tenaga kesehatan (perawat & terapist), pegawai negeri sipil dan BUMN, diantaranya dari PT Dirgantara Indonesia (PT DI), Perusahaan Industri Angkatan Darat (Pindad) dan berbagai profesi lainnya.

Mereka datang dari berbagai provinsi di Indonesia dan akan menjalani pelatihan berbagai materi pendidikan, yaitu bidang sikap dan perilaku, bidang pengetahuan dan keterampilan, serta bidang jasmani selama tiga bulan dibawah komando pelatih Kopasgat TNI Angkatan Udara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya