Marsekal TNI AU yang Kawal Jokowi ke Rusia Jadi Komandan Kodiklatau

VIVA Militer: Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo pimpin Sertijab Dankodiklatau
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

VIVA – Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo memimpin upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Udara (Kodiklatau) dari Marsekal Madya (Marsdya) TNI Nanang Santoso kepada Marsekal Muda (Marsda) TNI Mohamad Tonny Harjono.

Kabar Bahagia TNI, Sarah Puspita Sah Dinikahi Sersan Polisi Militer Hantu Laut Marinir

Untuk diketahui, Sertijab Perwira Tinggi (Pati) TNI Angkatan Udara itu dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/558/VI/2022 tertanggal 27 Juni 2022 tentang Pemberhentian Dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI.

Dalam surat keputusan tersebut, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menunjuk Sekretaris Militer Presiden (Sesmilpres) Kementerian Sekretaris Negara Republik Indonesia (Kemsetneg RI) Marsda TNI M. Tonny Harjono untuk menduduki jabatan baru sebagai Dankodiklatau menggantikan Marsdya TNI Nanang Santoso yang dalam waktu dekat ini akan memasuki purna tugas dari kedinasan militer atau pensiun.

Penuh Bangga, Mayjen TNI Bangun Nawoko Sambut Kemenangan Prajuritnya dari Medan Laga

Untuk diketahui pula, Marsda TNI Mohamad Tonny Harjono adalah salah satu orang yang mengawal Presiden RI Joko Widodo dalam lawatannya ke Ukraina dan Rusia beberapa waktu lalu.

Dalam amanatnya, Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo mengatakan, Kodiklatau adalah lembaga yang mengelola seluruh pendidikan di lingkungan TNI Angkatan Udara. 

Sergap Rumah Berisi Senjata Api, Pria Tegap Misterius di Sei Meranti Ternyata Intel TNI

Dengan demikian, lanjut Kasau, Kodiklatau memiliki peranan yang sangat penting dalam membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) agar TNI Angkatan Udara disegani di dunia internasional.

"TNI AU akan selalu berupaya, beradaptasi dengan berinovasi dan perbaikan guna menyikapi kondisi lingkungan yang dinamis dan kompleks. Dengan munculnya berbagai tantangan dan teknologi baru, konsekuensinya dibutuhkan perubahan mindset serta pengetahuan yang modern dan relevan dengan perubahan zaman," kata Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo di Markas Kodiklatau, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu, 13 Juli 2022.

Dalam kesempatan itu, orang nomor satu di Matra Udara itu juga mengucapkan terima kasih kepada Marsdya TNI Nanang Santoso yang telah memimpin Kodiklatau dengan kerja keras dan tulus ikhlas.

"Saya menilai, selama masa kepemimpinan yang relatif singkat, Marsekal Nanang telah berhasil memimpin Kodiklatau dengan memberikan warna dan inspirasi kepada generasi penerus Kodiklatau," ujarnya.

Selain itu, Kasau juga mengucapkan selamat atas kepercayaan dan amanah baru yang diberikan kepada Marsekal Muda Mohamad Tonny Harjono yang sebelumnya menjabat Sesmilpres kini secara resmi memimpin tongkat komando Kodiklatau menggantikan Marsdya TNI Nanang Santoso.

"Kepada Marsekal Muda TNI Mohamad Tonny Harjono saya mengucapkan selamat atas jabatan baru sebagai Dankodiklatau. Segera menyesuaikan diri pada lingkup tugas yang baru. Laksanakan amanah ini dengan segenap kemampuan dan penuh kehormatan," kata Kasau mengakhiri amanatnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya