Siap Sukseskan Garuda Shield, Tim Aju TNI AL Tiba di Dabo Singkep

VIVA Militer: Tim Aju TNI AL sudah tiba di Dermaga Dabo Singkep Kepri
Sumber :
  • Dispenal

VIVA – Dalam rangka menyukseskan Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) Super Garuda Shield (SGS) 2022, Tim Aju yang terdiri dari Dinas Penerangan Angkatan Laut (Dispenal), Dinas Informasi dan Pengolahan Data Angkatan Laut (Disinfolahtal), Satuan Komunikasi Elektronika (Satkomlek) TNI serta Dinas Komunikasi dan Elektronika Angkatan Laut (Diskomlekal) hari ini di Dermaga Roro, Dabo Singkep, Kepulauan Riau, Jum'at, 29 Juli 2022.

Fakta dari Helikopter Bell 212 yang Jatuh saat Membawa Presiden Iran

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Kadispenal) Laksma TNI Julius Widjojono mengatakan, Tim Aju TNI Angkatan Laut itu tiba dengan menggunakan kapal perang KRI Teluk Celukan Bawang (TCB)-532 setelah sebelumnya melakukan pelayaran selama dua hari.

Kadispenal menambahkan, KRI TCB-532 dari jajaran Satfib Koarmada I yang dikomandani Mayor Laut (P) Arif Priwadi Wibowo selain membawa pasukan, juga mengangkut logistik latihan dan kendaraan operasional yang dimuat dari Jakarta untuk memaksimalkan pelaksanaan kegiatan latihan dengan militer negara sahabat yang puncaknya akan berlangsung pada tanggal 4 Agustus 2022. 

Media Barat Sebut Presiden Iran dan Rombongan Tewas dalam Kecelakaan Helikopter

Sementara itu, Kasubdisprodpen Dispenal Kolonel Laut (P) Fajar Tri Rohadi disela-sela kegiatan menyampaikan kepada tim pendukung harus bisa menyamakan persepsi serta paham betul akan tugas dan fungsinya masing-masing.

"Setiap bagian yakinkan semua peralatan berfungsi dengan baik. Demikian juga jaringan yang digelar agar tim Diskomlekal maupun Disinfolahtal memberikan dukungan terbaik berupa akses internet, sehingga proses komunikasi dan pengiriman data terlaksana dengan baik dan maksimal," kata Kolonel Laut (P) Fajar Tri Rohadi dalam keterangan resminya yang diterima VIVA Militer, Jum'at, 29 Juli 2022.

Pasukan Maung Siliwangi TNI Beraksi di Gurudug, Raja Aibon Kogila Diteriaki Emak-emak...

Untuk diketahui, Latihan Bersama Super Garuda Shield 2022 di Pulau Dabo Singkep ini nantinya akan diselenggarakan oleh jajaran TNI Angkatan Laut yang juga melibatkan personel militer dari Angkatan Bersenjata Amerika Serikat, Australia, Jepang, dan Singapura.

Latma Super Garuda Shield merupakan latihan bersama tahunan antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Komando Indo-Pasifik AS (INDOPACOM), yang dirancang untuk memperkuat interoperabilitas, asah kemampuan, rasa saling percaya, dan kerja sama yang telah dibangun dari pengalaman bersama kedua negara selama beberapa dekade. 

Latihan bersama antara Indonesia dengan negara sahabat ini terlaksana dalam rangka meningkatkan profesionalisme, mempererat hubungan kerja sama, dan secara eksternal memiliki tujuan untuk meningkatkan peran diplomasi TNI AL sesuai dengan prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya