3 Kepala Staf TNI Kompak Hadiri Pengukuhan 2.974 Personel Komcad 2022

VIVA Militer: Menhan RI Prabowo Subianto saat mengecek kesiapan Komcad TNI
Sumber :
  • Kemhan RI

VIVA – Para Kepala Staf Angkatan TNI, yaitu Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono hari ini menghadiri pengukuhan 2.974 personel Komponen Cadangan (Komcad) TNI Tahun 2022 di Lapangan Terbang Suparlan, Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus) Kopassus, Batujajar, Bandung, Jawa Barat.

Petinggi PKS: Jadi Oposisi Enggak Ada Masalah, Koalisi Siap

Penetapan 2.974 personel Komcad tiga matra TNI itu dilakukan oleh Wakil Presiden RI KH. Ma'ruf Amin dan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dengan upacara militer.

"Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim pada hari ini Kamis 8 September 2022 penetapan Komcad tahun 2022 saya nyatakan ditetapkan," kata Wapres RI KH. Ma'ruf Amin selaku Inspektur Upacara Penetapan Komcad TNI 2022 di Lapangan Pusdiklatpassus Kopassus, Batu Jajar, Bandung, Jawa Barat, Kamis, 8 September 2022.

PKB Hormati Sikap Gelora yang Tolak PKS Gabung ke Prabowo-Gibran

Dalam laporannya, Menhan RI Prabowo Subianto menyampaikan, bahwa 2.974 orang Komcad tahun 2022 ini telah dilatih di masing-masing matra. 

Sebanyak 450 orang dilatih di Rindam II/Sriwijaya, 500 orang di Rindam VI/Mulawarman, 500 orang di Rindam XIV/Hasanuddin, 499 di Kodikmar Surabaya, 500 orang di Pusdiklat Kopasgat Bandung, 50 orang di Pusdik Korps Wanita Angkatan Darat, dan 475 orang Kadet Unhan di Unhan RI. 

Kabar Bahagia TNI, Sarah Puspita Sah Dinikahi Sersan Polisi Militer Hantu Laut Marinir

VIVA Militer: 2.974 anggota Komcad TNI 2022 dikukuhkan di Batu Jajar

Photo :
  • Kemhan RI

Prabowo juga menegaskan, pembentukan Komcad TNI 2022 merupakan amanat Undang Undang Dasar RI Tahun 1945, Undang Undang (UU) Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara dan UU Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional Untuk Pertahanan Negara.

“UU No. 23 Tahun 2019 telah mengamanatkan pembentukan komponen cadangan yang berasal dari unsur warga negara yang dilaksanakan melalui tahapan pendaftaran, seleksi, pelatihan dasar kemiliteran dan penetapan,” kata Menhan RI Prabowo Subianto.

Untuk diketahui, ribuan personel Komcad itu sebelumnya telah mengikuti serangkaian kegiatan, mulai dari pendaftaran secara sukarela, seleksi, pendidikan latihan dasar militer (latsarmil) di Rindam-Rindam, dirangkai dengan Latihan Pembulatan Komponen Cadangan di Pusdiklatpassus Kopassus, Batujajar, Jawa Barat.

Mereka telah digembleng selama tiga bulan latihan dasar kemiliteran untuk memperbesar dan memperkuat kekuatan TNI.

Untuk diketahui pula, dalam pengukuhan 2.974 anggota Komponen Cadangan TNI tersebut, sejumlah pejabat utama TNI, Polri, serta sejumlah atase pertahanan dari berbagai negara sahabat turut hadir menyaksikan pengukuhan kekuatan Komponen Cadangan TNI tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya