TNI AL Kerahkan Pasukan Bantu Korban Banjir dan Tanah Longsor di Jawa Timur

VIVA Militer: Prajurit TNI AL evakuasi korban banjir di Kabupaten Malang, Jatim
Sumber :
  • Dispenal

VIVA – TNI Angkatan Laut (TNI AL) dari unsur jajaran Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Malang mengerahkan Tim SAR Penanggulangan Bencana Alam untuk membantu para korban banjir dan tanah longsor yang terjadi di sejumlah wilayah di Jawa Timur.

Bupati Tanah Datar Tegaskan Tak Pernah Terbitkan Izin Bangunan di Sepanjang Sungai Anai

Sebagaimana diketahui, intensitas hujan yang tinggi pada hari Minggu, 16 Oktober 2022 lalu telah menyebabkan sejumlah wilayah di Jawa Timur mengalami banjir dan tanah longsor. Sejumlah wilayah di Jawa Timur yang mengalami banjir dan tanah longsor diantaranya adalah Kabupaten Malang, Blitar, Trenggalek, Tulung Agung, dan Pacitan. 

Menyikapi hal tersebut, Komandan Lanal Malang Kolonel Laut (KH/W) Dewi Lestari telah memerintahkan prajuritnya bersama 20 Personil PSR (Pantai Selatan Resque) yang merupakan relawan binaan Posal Sendang Biru untuk turun ke lokasi bencana alam dengan membawa material berupa truk Lanal, perahu karet, life jacket dan motor tempel Yamaha 40 PK, untuk bergerak cepat memberikan bantuan. 

Jenazah Korban Terakhir Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi di Agam Ditemukan

Danlanal Malang Kolonel Laut (KH/W) Dewi Lestari mengatakan, musibah banjir yang terjadi di Kabupaten Malang khususnya terjadi di wilayah Malang Selatan. Banjir disebabkan luapan air sungai sehingga berdampak pada masyarakat yang tinggal di sejumlah desa di Kecamatan Donomulyo, Kecamatan Pagak, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kecamatan Tirtoyudo, Kecamatan Bantur dan Kecamatan Ampelgading. 

"Sementara Banjir Bandang dan Tanah longsor terjadi di beberapa Desa  Kecamatan Tirtoyudo dan Kecamatan Dampit," kata Danlanal Malang Kolonel Laut (KH/W) Dewi Lestari dalam keterangan resmi yang diterima VIVA Militer, Selasa, 18 Oktober 2022.

39 Jenderal Baru TNI AD Resmi Menyandang Pangkat Brigjen, Ini Daftar Lengkapnya!

Dia menambahkan, Tim SAR Gabungan TNI Angkatan Laut di bawah pimpinan Danposal Sendangbiru Lettu Laut (E) Diki Erlan Pranata bersama BPBD Kabupaten Malang juga mendirikan Posko Center di Gereja GPDI Desa Sitiarjo  dan melaksanakan Evakuasi korban banjir di Dusun Rowotrate Desa Sitiarjo dan mendukung PMI Kabupaten Malang serta membagi makanan kepada korban dampak banjir dan tanah longsor di wilayah tersebut.

VIVA Militer: Prajurit TNI AL bantu masyarakat bersih-bersih rumah pasca-banjir

Photo :
  • Dispenal

Sementara di Kabupaten Blitar, lanjut Danlanal Malang, Tim SAR Gabungan TNI AL bersama BPBD Kabupaten Blitar mendirikan Posko Center di Balai Desa Kali Tengah untuk melaksanakan evakuasi korban banjir Desa Kali Tengah Kecamatan Panggung Rejo, serta mendukung PMI Kabupaten Blitar terhadap korban dampak banjir yang merendam rumah, jalan, lahan dan sawah, serta tanah longsor.

Sementara itu, pasca banjir yang terjadi di Kabupaten Trenggalek dan Tulung Agung serta Pacitan, Tim SAR dan Babinpotmar Lanal Malang dikerahkan untuk membantu warga melaksanakan pembersihan baik di Desa-Desa wilayah Kabupaten Trenggalek, Tulungagung maupun Pacitan.

"Aksi tanggap darurat yang dilakukan ini sebagai wujud kepedulian TNI Angkatan Laut kepada masyarakat seperti yang selalu disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono diberbagai kesempatan kepada prajuritnya untuk berperan aktif secara profesional, bergerak cepat dalam mendukung kegiatan atau membantu saat ada kejadian yang membuat penderitaan bagi rakyat sebagai salah satu tugas TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP), sehingga keberadaan prajurit akan bermanfaat bagi masyarakat sekelilingnya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya