Pasukan Tengkorak Kostrad TNI Duet Brimob Tembus Lagi Kampung Gembong Teroris Papua

VIVA Militer: Yonif Para Raider 305/Tengkorak sebelum gerak ke Mamba Bawah.
Sumber :
  • Penerangan Yonif PR 305/Tengkorak

VIVA – Keberhasilan pasukan menembus masuk ke wilayah Kampung Mamba Bawah, salah satu wilayah paling mengerikan dan rawan Kabupaten Intan Jaya, Papua, ternyata belum membuat Satuan Tugas Organik Batalyon Infanteri Para Raider 305/Tengkorak, Kostrad, TNI Angkatan Darat puas. Terbukti, Pasukan Tengkorak Kostrad TNI kembali datang ke Mamba Bawah.

Amerika Tiarap, Rusia Raup Untung Besar di Balik Perang Iran dan Israel

Berdasarkan informasi yang diterima VIVA Militer dari Komandan Satgas Organik Yonif Para Raider 305/Tengkorak, Letnan Kolonel Inf Ardiansyah alias Raja Aibon Kogila, pasukannya kembali masuk ke Mamba Bawah dengan dipimpin oleh Mayor Inf Anjas Suryana Putra.

Pasukan Tengkorak Kostrad memutuskan kembali masuk ke Mamba Bawah untuk dapat secepat mungkin melaksanakan serbuan program teritorial dengan memberikan bantuan dan membangun berbagi fasilitas yang dibutuhkan masyarakat.

Israel Bombardir Perbatasan Mesir, Presiden Amerika Ikut Ikut Campur

VIVA Militer: Pasukan Yonif Para Raider 305/Tengkorak di Mamba Bawah.

Photo :
  • Penerangan Yonif PR 305/Tengkorak

Sebelum pasukan bergerak, Raja Aigon Kogila memberikan beberapa arahan kepada prajurit TNI agar pelaksanaan kunjungan kedua kali ini bisa berjalan dengan baik. Salah satu arahannya itu, kembali mengikutsertakan Brimob Polri yang tergabung dalam Satgas Damai Cartenz.

Nekat Terobos Masuk Kompleks Militer Halim, Geng Motor Bersajam Ditangkap Prajurit TNI

"Lo entar yang bawa, ajak Damai Cartenz (Brimob), biar sekalian ramai. Sekalian kita tunjukin sama mereka kalau kita solid, biar mereka tahu. Anwar, sama Suryo juga ikut. Dokter dan Pater jangan lupa. Rokok nanti ambil di kamar saya. Gula-gula bawa yang banyak," kata Raja Aibon Kogila kepada Mayor Inf Anjas di Pos Elang.

Akhirnya Pasukan Tengkorak dan Brimob kembali bergerak masuk ke Kampung Mamba Bawah. Dan kali ini suasana di kampung itu berubah total dari saat pertama pasukan masuk pada pekan lalu.

VIVA Militer: Pasukan Yonif Para Raider 305/Tengkorak di Mamba Bawah.

Photo :
  • Penerangan Yonif PR 305/Tengkorak

Masyarakat tak lagi lari ketakutan melihat kehadiran para prajurit TNI Angkatan Darat itu. Malah mereka langsung menyambut kedatangan pasukan dengan penuh suka cita.

Menurut Raja Aibon Kogila, Pasukan Tengkorak berencana membangun taman bermain anak, lapangan olahraga. Enggak cuma itu, juga akan dibangun fasilitas penerangan dan penyaluran air bersih ke rumah-rumah.

"Ini salah satu program unggulan untuk meyakinkan kepada masyarakat Mamba Bawah, bahwa kehadiran pasukan Kostrad bersama dengan Aparat Keamanan lainnya di Intan Jaya, benar-benar untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat," kata Raja Aibon Kogila.

VIVA Militer: Pasukan Yonif Para Raider 305/Tengkorak di Mamba Bawah.

Photo :
  • Penerangan Yonif PR 305/Tengkorak

Mamba Bawah ini merupakan kampung halaman salah satu gembong kelompok teroris separatis bersenjata yang berafiliasi dengan OPM Papua wilayah Intan Jaya, yaitu Hengki Sani. Kampung ini sebelumnya sangat mencekam bahkan situasi horor masih dirasakan saat Pasukan Tengkorak menembus kampung ini pekan lalu.

Untuk diketahui, kelompok bersenjata sering berulah di kampung ini. Menembaki warga dengan kejam, menyerang dan membakar fasilitas kampung. Bahkan menembaki prajurit TNI. Yang terbaru terjadi setahun lalu pada 27 Oktober 2021, saat prajurit TNI dari Tim Mandala terluka usai baku tembak di Kampung Mamba Bawah.

Baca: Kolonel Sonruta Resmi Jadi Komandan Wing Komando I Harda Marutha Kopasgat TNI

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya