Menhan Prabowo hingga Panglima TNI Lepas Pengiriman Bantuan untuk Korban Gempa Turki

VIVA Militer: Menhan RI Prabowo Subianto lepas bantuan untuk Turki
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto hingga Panglima TNI Laksamana Yudo Margono pagi tadi melepas keberangkatan bantuan kemanusiaan untuk korban gempa bumi Turki.

Nikita Mirzani Bongkar Dugaan Penyiksaan Mantan Pacar: Dijambak, Dibenturkan ke Sofa Selama 30 Menit

Bantuan kemanusiaan itu diangkut menggunakan dua pesawat milik TNI AU
jenis Boeing 737- A-7308 Skadron Udara 17 Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta dan C-130 Hercules A-1326 Skadron Udara 32, Lanud Abdurrahman Saleh, Malang.

Pengiriman bantuan kemanusiaan ke Turki itu dilakukan sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo, karena jalinan hubungan diplomatik Indonesia dan Turki sudah terjalin sejak lama.

Mirip Punya Rusia, Drone Bunuh Diri Iran Keliaran dalam Operasi Nabi Besar

“Ada makanan, sepatu boots, baju hujan, selimut, dan kita akan terus kirim,” kata Menhan Prabowo Subianto di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu, 11 Februari 2023.

Prabowo menambahkan, Indonesia juga akan mengirimkan tim medis dari TNI untuk membantu para korban gempa bumi Turki. “Medis itu akan menyusul semua dengan tim media dari TNI dan dari Kementerian Kesehatan,” ujarnya.

KSAL Muhammad Ali Kunjungi Industri Pertahanan Strategis China, Ada Apa?

Selain Turki, lanjut Prabowo, pemerintah Indonesia dalam waktu dekat ini juga akan mengirimkan bantuan untuk Suriah. 

Untuk diketahui, sejumlah pejabat negara turut hadir dalam pelepasan bantuan untuk Turki tersebut, diantaranya adalah Menko PMK Muhadjir Effendy, Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto dan Kabasarnas Marsdya TNI Henri Alfiandi, serta Asops Kapolri Irjen.Pol. Agung Setya. 

VIVA Militer:KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo cek kesiapan logistik untuk Turki

Photo :
  • Dispenau

Total muatan bantuan dari Kemhan sebanyak 5.441 Kg atau 5.4 Ton, yang terdiri dari 4.000 stel jas hujan, 1.000 pasang sepatu boots dan 3.500 helai selimut. Bantuan ini disesuaikan dengan kondisi cuaca di Turki yang saat ini mencapai suhu di bawah 7 derajat celcius. 

Adapun muatan bantuan dari BNPB dan Basarnas. Bantuan ini tergabung dalam program Emergency Medical Team (EMT).

Selain berupa barang, program EMT juga terdiri dari bantuan tenaga kesehatan militer TNI maupun dari Kementerian Kesehatan.

Personel TNI yang dikirim berasal dari TNI AD, TNI AL, TNI AU dan Puskes TNI sejumlah 17 orang yang terdiri dokter umum, perawat serta dokter spesialis  anastesi, bedah tulang, bedah umum, anak, dan penyakit dalam. Selain itu, Puskes TNI juga membawa obat-obatan untuk korban bencana. 

Selain itu, bantuan kemanusiaan yang ikut diberangkatkan adalah Medium Utility Search And Rescue (MUSAR) yang terdiri dari 20 personel Zeni TNI AD beserta peralatan untuk pencarian dan pertolongan, yang memiliki kemampuan konstruksi dan operator dari Satuan Zeni Konstruksi maupun Zeni Kostrad dipimpin perwira setingkat Letnan Kolonel serta personel dari Basarnas. 

Sebagaimana diberitakan VIVA Militer sebelumnya, pesawat TNI AU yang digunakan untuk membawa bantuan kemanusiaan ke Turki pada Sabtu ini adalah Boeing B737-400 Noreg A-7308 dari Skadron Udara (Skadud) 17 dengan pilot Mayor Pnb Arief R. Hakim dan Mayor Pnb Kresna Hendra W beserta kru.

Sementara itu, untuk Pesawat C-130 Hercules Noreg A-1326 dari Skadud 32 Lanud Abdulrahman Saleh Malang, diterbangkan oleh pilot Letkol Pnb Yudi Bandung dan Mayor Pnb Andang Rohiman beserta kru.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya