Prabowo Serahkan 100 Kendaraan Operasional hingga 5.219 Pucuk Senjata Laras Panjang ke Marinir

VIVA Militer: Menhan Prabowo serahkan Alpanhan ke Marinir TNI AL
Sumber :
  • Dispenal

VIVA – Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto hari ini menyerahkan sejumlah alat peralatan pertahanan (Alpalhan) kepada pasukan petarung Marinir di Ksatrian Sutedi Senaputra, Karang Pilang, Surabaya, Jawa Timur, Selasa, 14 Februari 2023.

PKB Hormati Sikap Gelora yang Tolak PKS Gabung ke Prabowo-Gibran

Penyerahan Alutsista untuk Korps Marinir TNI Angkatan Laut itu diserahkan setelah Menhan Prabowo Subianto diangkat sebagai Warga Kehormatan Korps Marinir oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali yang didampingi Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI Widodo Dwi Purwanto.

Dalam sambutannya Prabowo Subianto menegaskan, bahwa dirinya berkomitmen akan membangun kekuatan TNI, khususnya Korps Marinir agar disegani oleh dunia.

Kabar Bahagia TNI, Sarah Puspita Sah Dinikahi Sersan Polisi Militer Hantu Laut Marinir

Menhan Prabowo mengatakan, meski saat ini anggaran kita masih dikatakan belum cukup ideal, tapi dirinya bersama Kementerian Pertahanan optimis dapat membangun postur pertahanan yang maksimal. 

“Anggaran pertahanan kita hanya 0,8 persen dari PDB kita. Tapi tidak ada masalah, dengan 0,8 persen kita bisa membangun kekuatan yang sangat ampuh,”  kata Menhan RI Prabowo Subianto.

Momen Prabowo Ditarik Wakil PM Singapura Lawrence Wong di Istana Bogor

VIVA Militer: Menhan Prabowo secara simbolis serahkan Alpanhan ke KSAL

Photo :
  • Dispen Kormar

Mantan Danjen Kopassus itu mengatakan, pentingnya memperkuat Korps Marinir karena memiliki tugas untuk mengamankan kedaulatan Indonesia di laut. Untuk itu, pemberian alpalhan dirasa perlu guna menunjang tugas yang diemban oleh prajurit Marinir. 

“Menjaga corong-corong masuknya kemungkinan kekuatan-kekuatan yang ingin mengganggu kita. Dan juga pulau-pulau terluar, dan juga untuk menjaga keunggulan kita di laut. Untuk mengamankan kedaulatan kita. Tapi mereka juga bertanggung atas pertahanan pantai. Karena itu Korps Marinir sangat penting. Tujuan saya kita akan perkuat Angkatan Laut,” ujarnya.

Penyerahan sejumlah Alutsista itu secara simbolis diberikan oleh Menhan Prabowo kepada Komandan Korps Marinir Mayjen (Mar) Widodo Dwi Purwanto yang juga disaksikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali.

Adapun Alutsista yang diberikan kepada Korps Marinir antara lain adalah:

1. Kendaraan roda dua sebanyak 100 unit.
2. Senjata 5,56 MM SS/SO (laras panjang) sebanyak 5.219 pucuk.
3. Senjata 40 MM SPG (Marinir) sebanyak 504 pucuk.
4. Senjata 9 MM Mitraliur/Sub Machine Gun (SMG) 95 Pucuk.
5. Matsus pendukung penyelam dual mode incursion sebanyak 28 set.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya