Di Balik Kabut Ciwidey, Kostrad Siapkan Pasukan Elite 330 TNI untuk Masuk Papua

VIVA Militer: Pasukan Yonif Para Raider 330/Tri Dharma di Ciwidey.
Sumber :
  • Penerangan Kostrad

VIVA – Pihak militer Tentara Nasional Indonesia, sedang menyiapkan satu batalyon elite milik Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) untuk melaksanakan tugas operasi di Papua.

Pagi Buta Papua Membara, Pasukan Operasi TNI Gempur Benteng OPM di Hutan Pogapa

Berdasarkan siaran resmi Penerangan Kostrad dilansir VIVA Militer, Rabu 22 Februari 2023, pasukan yang disiapkan untuk melaksanakan tugas ke Papua nanti adalah prajurit-prajurit TNI dari Batalyon Infanteri Para Raider 330/Tri Dharma.

Untuk mengasah naluri tempur jelang penugasan sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Penyangga Mobile (Satgas Pamtas) RI-Papua Nugini, sebanyak 450 prajurit dipimpin Komandan Yonif PR 330/TD, Mayor Inf Dedy Pungky Irawanto melaksanakan Latihan Taktis Tingkat Kompi Tempur.

Kisah Jenderal Soemitro, dari Ramalan Boneka Jailangkung Jadi Tentara Kesayangan Soeharto

VIVA Militer: Pasukan Yonif Para Raider 330/Tri Dharma di Ciwidey.

Photo :
  • Penerangan Kostrad

Latihan ini dipandu oleh Brigade Infanteri Para Raider 17/Sakti Budi Bhakti, Divisi Infanteri 1/Kostrad. Latihan dipusatkan di wilayah berkabut di Daerah Latihan Kostrad di Ciwidey, Jawa Barat.

Drone Bunuh Diri Iran Bombardir Suriah, Habisi Nyawa Warga Sipil

Latihan dilaksanakan selama tujuh hari dan telah dibuka oleh Komandan Brigif PR 17/SBB, Kolonel Inf Febi Triandoko. Ada beberapa materi yang dilatihkan, seperti materi teritorial, materi intelijen dan materi tempur.

Dalam pelaksanaan Lattiskipur ini lebih ditekankan pada materi pertempuran, baik materi pertahanan pos, ambush, hingga patroli.

VIVA Militer: Pasukan Yonif Para Raider 330/Tri Dharma di Ciwidey.

Photo :
  • Penerangan Kostrad

Kondisi medan yang dihadapkan pada latihan ini merupakan gambaran realisme di daerah operasi. Harapannya seluruh Prajurit harus bisa lebih siap, lebih militan, dan lebih displin untuk menghadapi tantangan tugas di medan yang sebenarnya. Latihan ini merupakan tahap awal dan selanjutnya akan ada latihan lagi yakni Latsiappratugas.

"Keberhasilan suatu penugasan diperoleh dari latihan yang keras dan disertai dengan disiplin yang tinggi. Oleh karena itu bekali dirimu dengan kemampuan tempur dan mental yang kuat agar dapat melaksanakan tugas yang baik dan tentunya keberhasilan yang kita harapkan," kata Kolonel Inf Febi Triandoko.

Baca: Mayjen TNI Untung Ganti 4 Kolonel Pejabat Penting Kodam Jaya Sekaligus

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya