Masuk ke Markas Pasukan Langit Kostrad TNI Penyerbu Kota Dili, Letkol Danang Wibowo Dibikin Kagum

VIVA Militer: Letkol Inf Danang tiba di Markas Yonif PR 501/Bajra Yudha Kostrad
Sumber :
  • Yonif Para Raider 501/Bajra Yudha

VIVA – Batalyon Infanteri Para Raider 501/Bajra Yudha, Divisi Infanteri II, Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) baru saja kedatangan tamu istimewa.

Pagi Buta Papua Membara, Pasukan Operasi TNI Gempur Benteng OPM di Hutan Pogapa

Tamu itu bukan orang sembarangan ia adalah, Komandan Brigade Infanteri Para Raider 18/Trisula, Letnan Kolonel Inf Danang Prasetyo Wibowo.

Kedatangan Letkol Inf Danang menjadi sebuah momen sangat istimewa bagi pasukan langit Kostrad itu karena ini merupakan kunjungan perdana alumni Akademi Militer 2001 itu ke markas Yonif PR 501/BY, setelah beliau dilantik menjadi orang nomor satu di tubuh Brigif PR 18 Trisula.

Kisah Jenderal Soemitro, dari Ramalan Boneka Jailangkung Jadi Tentara Kesayangan Soeharto

VIVA Militer: Letkol Inf Danang tiba di Markas Yonif PR 501/Bajra Yudha Kostrad

Photo :
  • Yonif Para Raider 501/Bajra Yudha

Dan menjadi kunjungan spesial karena Letkol Inf Danang datang bertepatan dengan hari ulang tahun Yonif PR 501/BY yang ke-62 tahun.

Drone Bunuh Diri Iran Bombardir Suriah, Habisi Nyawa Warga Sipil

Berdasarkan siaran resmi yang diterima VIVA Militer dari Komandan Yonif Para Raider 501/Bajra Yudha, Letkol Inf Arif Widiyanto, Danbrigif Trisula datang tak seorang diri, tapi bersama istri tercintanya.

Dalam kunjungan perdana ke markas pasukan langit legendaris TNI Angkatan Darat itu, Letkol Inf Danang dibuat terkagum-kagum dengan berbagai pertunjukan yang disajikan para prajurit TNI dalam upacara penyambutan.

"Sangat senang dan bangga karena antusiasmenya atau keinginan untuk hadir dan mau mengikuti acara ini," kata Letkol Inf Danang.

VIVA Militer: Letkol Inf Danang tiba di Markas Yonif PR 501/Bajra Yudha Kostrad

Photo :
  • Yonif Para Raider 501/Bajra Yudha

Di markas pasukan langit Kostrad itu, Letkol Inf Danang diajak Letkol Inf Arief untuk berkeliling ke seluruh area markas. Salah satu lokasi yang dituju ialah tempat galeri foto-foto bersejarah. Terlihat Letkol Inf Danang terkesima melihat beberapa foto sejarah yang terpajang di ruang itu.

Untuk diketahui, Yonif PR 501/BY merupakan salah satu dari tiga batalyon tempur yang berada di jajaran Brigif PR 18/Trisula. Yonif PR 501/BY didirikan pada 4 April 1961.

Sejak awal berdiri hingga saat ini, batalyon berlambang burung alap-alap ini telah menorehkan banyak sekali catatan operasi-operasi militer yang luar biasa. Salah satunya ketika pada 17 Desember 1975 pasukan Yonif PR 501/BY diterjunkan dari langit untuk merebut Kota Dili dari tangan GPK Timor-timur.

Dengan dipimpin Mayor Inf Ismail, melalui pertempuran dahsyat yang menelan korban 35 prajurit gugur, akhirnya pasukan Yonif PR 501/BY berhasil merebut Kota Dili.

Baca: Dimutasi Panglima ke Papua Lagi, Eks Komandan Grup 3 Kopassus Melesat Jadi Jenderal Bintang Dua

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya