Keren, TNI AL Gelar Pesantren Kilat Khusus Pelajar di Atas Kapal Perang

VIVA Militer: KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

VIVA – Ramadhan 1444 Hijriah atau 2023 menjadi moment berbeda bagi TNI Angkatan Laut. 

Kabar Bahagia TNI, Sarah Puspita Sah Dinikahi Sersan Polisi Militer Hantu Laut Marinir

TNI Angkatan Laut mengerahkan satu kapal perang terbarunya, yaitu KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat - 992 untuk memboyong 300 siswa/pelajar SMA di wilayah Jakarta dalam kegiatan Pesantren Kilat di tengah laut.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali hari ini secara resmi melepas kegiatan pesantren kilat yang diselenggarakan bersama Baznas RI. 

Penuh Bangga, Mayjen TNI Bangun Nawoko Sambut Kemenangan Prajuritnya dari Medan Laga

Pelepasan KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat - 992 itu dilaksanakan melalui upacara pelepasan program pesantren kilat yang digelar di Dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis, 6 April 2023.

"Dalam program ekspedisi Ramadhan penuh inspirasi tahun 1444 Hijriah ini, KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat akan berlayar menuju Kepulauan Seribu Jakarta mulai tanggal 6 sampai dengan 9 April 2023," kata KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali di Markas Kolinlamil, Jakarta Utara.

Sergap Rumah Berisi Senjata Api, Pria Tegap Misterius di Sei Meranti Ternyata Intel TNI

Lebih jauh Kasal menjelaskan, program pesantren kilat ini merupakan sebuah terobosan dari TNI AL dan Baznas RI dalam mengisi kegiatan positif di bulan Ramadhan. 

VIVA Militer: KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali bersama Kepala Baznas RI

Photo :
  • Istimewa/Viva Militer

Menurut Muhammad Ali, program pesantren kilat ini penting untuk meningkatkan pengetahuan, keimanan dan memberikan pengalaman dalam pemberdayaan zakat melalui kegiatan bakti sosial, serta menanamkan jiwa maritim sejak dini kepada anak-anak muzakki para peserta pesantren kilat.

"Selama tiga hari para peserta yang berjumlah 300 pelajar SMA dari wilayah Jakarta akan melaksanakan berbagai kegiatan keagamaan seperti salat berjamaah, salat tarawih, mengkaji ilmu-ilmu agama serta mendapatkan pembekalan yang inspiratif dari para narasumber," ujarnya.

"Selain itu, para peserta nantinya juga akan diperkenalkan dengan kehidupan dan tradisi di kapal perang, termasuk dalam hal buka puasa dan sahur, di KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Baznas RI Noor Achmad mengucapkan terima kasih kepada Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali dan seluruh jajaran TNI AL yang telah memfasilitasi program pesantren kilat ini di atas kapal perang TNI AL yang merupakan salah satu alutsista andalan TNI AL.

"Kami ucapkan terimakasih, karena inshaAllah dengan kapal yang luar biasa ini akan penuh inspirasi, sekaligus juga akan penuh ekspresi yang dituangkan melalui para penceramah dan ditanamkan untuk para anak santri," kata Ketua Baznas RI Noor Achmad.

Untuk diketahui, selama berlayar di perairan Jakarta, para santri pesantren kilat nantinya akan mendapatkan sejumlah materi baik materi keagamaan maupun materi tentang kemaritiman yang disampaikan oleh beberapa narasumber.

Diantaranya adalah Putri Indahsari Tanjung Jatikusumo yang akan memberikan materi tentang peran generasi milenial sebagai agent of change dalam mencapal era society 5.0., Asrorun Ni'am akan berbicara terkait optimalisasi Ramadhan mewujudkan manifesto pemuda nusantara, Najwa Shihab tentang ekosistem muda kreatif dan inovatif dalam menghadapi era society 5.0, serta tradisi kejuangan dan perjuangan yang akan disampaikan oleh Kepala Dinas Pembinaan Mental TNI Angkatan Laut (Kadisbintalal) Brigadir Jendral TNI (Mar) Sandy Muchidin Latief.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya