Tinggalkan Kopassus, Mayjen TNI Iwan: Kami Akan Menjadi Prajurit Komando di Manapun Berada

VIVA Militer: Mayjen TNI Iwan Setiawan serahkan pasukan ke Danjen Kopassus ke-36
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

VIVA – Komandan Jenderal (Danjen) Komando Pasukan Khusus (Kopassus) ke-35, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Iwan Setiawan sore tadi secara resmi menyerahkan pasukan Kopassus kepada Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus ke-36, yaitu, Mayjen TNI Deddy Suryadi

Nekat Terobos Masuk Kompleks Militer Halim, Geng Motor Bersajam Ditangkap Prajurit TNI

Penyerahan pasukan itu dilakukan dengan upacara militer yang digelar di Lapangan Markas Komando Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur dan dihadiri seluruh pejabat tinggi dan satuan komando Korps Baret Merah Kopassus.

Mayjen TNI Iwan Setiawan dalam amanatnya menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Presiden RI Joko Widodo, Panglima TNI, dan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang telah mempercayakan kepada dirinya jabatan kehormatan sebagai Danjen Kopassus selama satu tahun 20 hari.

Malam Menegangkan di Laut Perbatasan Malaysia, Kopaska TNI Temukan Kristal Seharga 1,5 Miliar

"Saya merasa berat meninggalkan Kopassus karena hubungan emosional saya dengan seluruh prajurit Kopassus dan keluarganya. Mereka orang-orang hebat. Mereka orang terlatih. Dan mereka orang-orang yang loyal untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Mayjen TNI Iwan Setiawan di Markas Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Jum'at, 28 April 2023.

Lebih jauh dia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh prajurit Korps Baret Merah yang selama ini telah mendukung seluruh kebijakan pimpinan TNI, khususnya TNI AD dalam menjalankan tugas negara di seluruh pelosok negeri.

Kelelahan, 30 Tentara Israel Ogah Serang Wilayah Rafah

VIVA Militer: Danjen Kopassus ke-35 Mayjen TNI Iwan Setiawan

Photo :
  • Istimewa/Viva Militer

Saat ini, lanjut Mayjen TNI Iwan Setiawan, dirinya mendapatkan amanah dan penugasan baru dari Presiden RI Joko Widodo, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, dan KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman untuk menjabat Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) XII/Tanjungpura. 

"Kami mohon doanya dari seluruh prajurit Kopassus termasuk dari awak media," kata Mayjen TNI Iwan.

"Kami akan menjadi prajurit komando sejati di manapun berada yang selalu menjaga kehormatan, yang selalu menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kami akan tegak lurus kepada pemerintah untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia," tegasnya menambahkan.

Sebagaimana diberitakan VIVA Militer sebelumnya, pada Jum'at siang, 28 April 2023, KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman telah memimpin upacara Sertijab empat jabatan penting di lingkungan TNI Angkatan Darat. Salah satu jabatan yang diserahterimakan adalah Danjen Kopassus dari Mayjen TNI Iwan Setiawan kepada Mayjen TNI Deddy Suryadi. 

Di saat yang sama, Pangdam XVII/Tanjungpura Mayjen TNI Sulaiman Agusto menyerahkan jabatannya kepada Mayjen TNI Iwan Setiawan. Mayjen TNI Sulaiman Agusto menyerahkan jabatan Pangdam XII/Tanjungpura karena dirinya mendapatkan kepercayaan untuk menempati posisi baru sebagai Pa Sahli Kasad TK III Bidang Ekkudag.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya