Eks Danjen Kopassus Mayjen TNI Iwan Setiawan Kini Jabat Pangdam XII/Tanjungpura, Ini Profilnya

VIVA Militer: KSAD Dudung lantik Mayjen TNI Iwan Setiawan jadi Pangdam XII/Tpr
Sumber :
  • Pendam XII/Tanjungpura

VIVA – Rotasi kepemimpinan di lingkungan TNI Angkatan Darat kembali terjadi. Komandan Jenderal (Danjen) Komando Pasukan Khusus (Kopassus) ke-35, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Iwan Setiawan kini resmi memiliki jabatan baru sebagai Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) XII/Tanjungpura menggantikan Mayjen TNI Sulaiman Agusto.

Kabar Bahagia TNI, Sarah Puspita Sah Dinikahi Sersan Polisi Militer Hantu Laut Marinir

Pelantikan eks Danjen Kopassus itu sebagai Pangdam XII/Tanjungpura ditandai dengan upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta Pusat, Jum'at, 28 April 2023 kemarin.

Di hadapan Jenderal Dudung, Mayjen TNI Sulaiman Agusto menyerahkan tongkat komando Kodam XII/Tanjungpura kepada Mayjen TNI Iwan Setiawan.

Penuh Bangga, Mayjen TNI Bangun Nawoko Sambut Kemenangan Prajuritnya dari Medan Laga

Sementara, Mayjen TNI Sulaiman Agusto kini menempati jabatan barunya sebagai Pa Sahli Kasad TK III Bidang Ekkudag.

Bersamaan dengan Sertijab Pangdam XII/Tanjungpura, pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan Sertijab Ketua Persit KCK Daerah XII/Tpr dari Nyonya Helly Sulaiman Agusto kepada Nyonya Betty Iwan Setiawan.

Sergap Rumah Berisi Senjata Api, Pria Tegap Misterius di Sei Meranti Ternyata Intel TNI

Dalam kesempatan tersebut, Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman menegaskan bahwa pergantian pejabat di lingkungan TNI AD merupakan bagian dari sistem pembinaan organisasi guna penyegaran pemikiran dalam rangka meningkatkan kualitas kinerja dan produktivitas organisasi serta pengembangan karir bagi Perwira yang bersangkutan.

"Pergantian jabatan seperti ini juga dilakukan guna menghadapi tuntutan dan tantangan tugas yang terus berkembang seiring dengan perubahan lingkungan strategis yang dinamis, cepat dan sering tidak terprediksi," kata KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Dispenad, Sabtu, 29 April 2023.

VIVA Militer: KSAD Jenderal TNI Dudung pimpin Sertijab Pangdam XII/Tanjungpura

Photo :
  • Pendam XII/Tanjungpura

Karier Militer Mayjen TNI Iwan Setiawan

Untuk diketahui, Mayjen TNI Iwan Setiawan merupakan salah satu Perwira Tinggi (Pati) TNI AD yang dibesarkan oleh Korps Baret Merah. Dia dikenal memiliki karier militer cukup cemerlang dalam sepuluh tahun terakhir.

Saat berpangkat Letnan Kolonel (Letkol) pada 2010 sampai 2011 beliau menjabat sebagai Wadan Grup 2/Parako Kopassus dan Wadanpusdikpassus pada 2011 sampai 2012. 

Kemudian setelah naik pangkat jadi Kolonel, pada 2012 dia dipercaya sebagai Danbrigif 22/Ota Manasa hingga pertengahan tahun 2013.

Selanjutnya pada 2013 hingga 2014, pria kelahiran 15 Februari 1968 ini diangkat menjadi Asops Kasdam IV/Diponegoro.

Lalu, pada tahun 2014, Iwan Setiawan kembali mendapatkan promosi jabatan dan menjabat Danpusdikpas­sus hingga 2015. 

Setelah itu, dia kembali mendapatkan promosi dengan menjabat Danrindam Jaya dari 2015 hingga 2016. Kemudian dimutasi dan ditunjuk jadi Danrem 052/Wijayakrama hingga 2018. Setelah itu dia menjabat sebagai Pamen Denma Mabesad sampai 2020.

Setelah pecah bintang dan naik pangkat jadi Brigadir Jenderal, suami dari Ny. Betty Siti Supartini ini menduduki jabatan sebagai Danrem 173/PVB. Kemudian pada 2021 dipercaya jadi Waaslat Kasad Bidang Kermamil hingga 2022. 

Terakhir, pada tahun 2022, Alumni Akmil 1992 itu naik pangkat bintang dua jadi Mayor Jenderal dan mengemban tugas sebagai Danjen Kopassus yang dijabatnya hingga akhir Maret lalu. 

Setelah satu tahun 20 hari menjabat sebagai Danjen Kopassus, kini Mayjen TNI Iwan Setiawan kembali mendapatkan promosi jabatan sebagai Pangdam Xll/Tpr. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya