Amankan KTT ASEAN, TNI AU Siagakan Jet Tempur F-16 di Bandara Eltari Kupang

VIVA Militer: Jet Tempur Fighting Falcon F-16 milik TNI AU
Sumber :
  • Dispenau

VIVA – Indonesia kembali mendapat kehormatan menjadi tuan rumah forum pertemuan bertaraf internasional, yaitu, Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 tahun 2023.

Tak Ciut dengan Gempuran AS, Houthi Mengganas Beri Perlawanan Sengit

KTT ASEAN ke-42 ini akan digelar di Labuhan Bajo, NTT, Indonesia, pada 9 - 11 Mei 2023. Sebanyak 8 pemimpin negara, dan satu PM serta Sekjen ASEAN dijadwalkan hadir.

Untuk menjaga agar pertemuan para pemimpin negara-negara ASEAN berjalan  dengan aman, TNI AU menyiapkan operasi pengamanan VVIP/VIP di wilayah udara sekitar Labuhan Bajo, NTT.

Mayjen Gadungan Nekat Masuk Markas TNI, Fakta-fakta Penyebab Tewasnya Polisi di Mampang

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah mengatakan, sesuai perintah Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, TNI AU menyiapkan satu flight pesawat tempur F-16 figthing falcon Skadron Udara (Skadud) 14 Lanud Iswahjudi, Magetan.

"Skadron Udara 14 ditugaskan sebagai unsur sergap di Bawah Kendali Operasi (BKO) Mabes TNI yang tergabung dalam Satgasud, dipimpin oleh Pangkoopsud II," kata Kadispenau Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah dalam keterangan resmi yang diterima VIVA Militer, Senin, 8 Mei 2023.

Aksi Mulia Prajurit Wing Komando I Kopasgat Sentuh Warga Kampung Jatiwaringin Pondok Gede

Kadispenau menambahkan, unsur sergap F-16 terbagi dalam dua home base, yaitu Lanud El Tari Kupang oleh Skadud 14 dan Lanud Iswahjudi Magetan oleh Skadud 3.

Flight pesawat F-16 Skadud 14 dipimpin Komandan Skadud 14 Mayor Pnb Anwar Sovie, bertugas melaksanakan Combat Air Patrol (CAP) di area Tambolaka.

 "Unsur Sergap, juga akan bekerja sama dengan Satrad 226 Buraen, Kupang yang akan mencover area selatan dan timur," ujar Kadispenau.

Selain melaksanakan CAP, unsur sergap Skadud 14 juga akan melaksanakan Quick Reaction Alert (QEA),  yaitu kesiapsiagaan skadron tempur untuk dapat airborne secepat mungkin apabila ada perintah melaksanakan scramble di area Lanud Eltari Kupang.  

"Satu flight F-16 Skadud 14 melaksanakan ferry dari Lanud Iswahjudi, pada 9 Mei 2023 combine pelaksanaan operasi pengamanan udara di Tambolaka sebelum mendarat di Lanud Eltari Kupang," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya