Tak Punya Uang Bermodal Doa Ibu, Rizal Pemuda Miskin Anak Penggali Kubur Lolos Jadi Prajurit TNI

VIVA Militer: Rizal Maulana prajurit Kodam Siliwangi.
Sumber :
  • Penerangan Kodam Siliwangi

VIVA – TNI Angkatan Darat membuktikan diri bahwa tak ada pilih kasih dalam perekrutan prajurit. Terbukti semua kalangan masyarakat bisa saja direkrut tanpa harus melihat latar belakang kehidupan. Baik itu berasal dari keluarga tak mampu, atau juga keluarga kaya raya.

Nekat Terobos Masuk Kompleks Militer Halim, Geng Motor Bersajam Ditangkap Prajurit TNI

Adalah Rizal Maulana, pemuda miskin asal Kota Bandung, Jawa Barat. Izal baru saja lolos proses perekrutan dan menjadi prajurit TNI melalui perekrutan Tamtama di Komando Daerah Militer (Kodam) III Siliwangi.

Dalam siaran resmi Kodam Siliwangi dilansir VIVA Militer, Senin 15 Mei 2023, Rizal diketahui hanyalah seorang pemuda yang berasal dari keluarga tak mampu.

Malam Menegangkan di Laut Perbatasan Malaysia, Kopaska TNI Temukan Kristal Seharga 1,5 Miliar

VIVA Militer: Rizal Maulana prajurit Kodam Siliwangi.

Photo :
  • Penerangan Kodam Siliwangi

Ayahnya hanyalah seorang buruh gali kubur dengan penghasilan tak menantu, sementara ibunya cuma seorang ibu rumah tangga.

Kelelahan, 30 Tentara Israel Ogah Serang Wilayah Rafah

"Alhamdulillah walaupun beliau sebagai kuli kuburan saya dapat dipercaya jadi prajurit TNI Angkatan Darat, tak ada yang tak mungkin kalau kita berusaha dan terus berdoa, kita dapat mewujudkan cita-cita," kata Rizal.

Kedua orang tua Rizal sangat terkejut dan sangat terharu ketika tahu anak bungsu dari empat bersaudara itu lolos menjadi prajurit TNI.

VIVA Militer: Ibunda Rizal Maulana prajurit Kodam Siliwangi.

Photo :
  • Penerangan Kodam Siliwangi

Menurut Ibunda Rizal, ketika anaknya meminta izin untuk mendaftar sebagai prajurit TNI, ia tak bisa berkata apa-apa selain bersedih.

"Sedih dia cita-citanya tinggi, tapi ibu orang tak punya. Ibu cuma bisa berdoa buat anak dan ngasih semangat. 'Mah Rizal doain, Rizal mau coba-coba jadi anggota TNI'," kata ibunda Rizal.

Ibunda Rizal mengatakan, selama proses pendaftaran sampai Rizal lolos menjadi prajurit TNI, tak ada pungutan apapun dari panitia perekrutan prajurit TNI. Semua gratis.

"Mudah-mudahan ke depannya ini patut jadi contoh buat semua yang mau daftar TNI, tidak dipungut biaya sepeser pun, orang tak mampu seperti Rizal bisa masuk," kata Ibunda Rizal.

Baca: 2 Batalyon Harimau Siliwangi Siap Tembus Papua, Jenderal TNI Dudung: Tong Jadi Ayam Sayur

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya