Pangkoarmada RI Lantik Laksda TNI Rachmad Jayadi Jadi Panglima Koarmada III

VIVA Militer: Pangkoarmada RI lantik Laksda TNI Rachmad jadi Pangkoarmada III
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

VIVA – Panglima Komando Armada Republik Indonesia (Pangkoarmada RI) Laksamana Madya (Laksdya) TNI Heru Kusmanto hari ini memimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) dan pengambilan sumpah Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III di Mako Koarmada RI, Jakarta Pusat.

TNI AL, US Navy dan USMC Gelar Latihan Militer Bersama CARAT 2024 di Lampung

Laksdya TNI Heru melantik Laksda TNI Rachmad Jayadi menggantikan Laksda TNI Agus Hariadi yang saat ini tengah mengikuti Pendidikan Lemhanas tahun 2023. 

Untuk diketahui, Laksda TNI Rachmad Jayadi sebelumnya menjabat sebagai Wakil Komandan (Wadan) Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal).

Di Hadapan Ratusan Perwira Hantu Laut TNI AL, KSAL: Hembusan Nafas Marinir Adalah Kesetiaan!

Selain sertijab Pangkoarmada III, dalam waktu yang sama Pangkoarmada RI juga memimpin Sertijab Komadan Komando dan Latihan (Dankolat) dari Laksma TNI Octavianus Budi Susanto kepada Kolonel Laut (P) Endra Hartono.

Kemudian, sertijab Komandan Komando Penyelam dan Penyelamatan Bawah Air (Dankoppeba) dari Laksma TNI Ferdy Hendarto Susilo kepada Kolonel Laut (S) Darmansyah.

Dipindah dari Kodim Pencetak Panglima TNI, Letkol Berdarah Kopassus Melesat Jadi Dandim Yogyakarta

Sebelumnya, secara terpisah Pangkoarmada RI juga dilakukan upacara Sertijab Asisten Operasi (Asops) Pangkoarmada RI dari Laksma TNI Haris Bima Bayuseto kepada Laksma TNI Iswarto.

Dalam amanatnya, Pangkoarmada RI Laksdya TNI Heru Kusmanto meminta program yang telah dirintis dan maupun dilaksanakan pejabat lama, untuk diteruskan oleh pejabat baru.

“Teruskan program yang sudah direncanakan dan dirintis oleh pejabat lama, pegang teguh trisila, sapta marga dan sumpah prajurit. Serta tingkatkan soliditas dan sinergitas baik di internal TNI AL, TNI AD, TNI AU, Polri maupun instansi lain,” kata  Pangkoarmada RI Laksdya TNI Heru Kusmanto, Senin, 19 Mei 2023.

Koarmada RI merupakan kotama operasi
yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Panglima dan kotama pembinaan yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada KSAL

Dalam melaksanakan tugas dan fungsi, Koarmada RI membawahi tiga Koarmada, yaitu Komando Armada I berada di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, Komando Armada II berada di Surabaya, Jawa Timur dan Komando Armada III berada di Sorong, Papua Barat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya