TNI Ikut Latma Crocodile Bareng Angkatan Bersenjata Australia dan Amerika

VIVA Militer: Komandan Komando Utara Gabungan Australia buka Latma Crocodile
Sumber :
  • Puspen TNI

VIVA – Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengirimkan sejumlah prajurit TNI untuk ikut serta dalam Latihan Bersama (Latma) Trilateral Crocodile Response 2023 yang diikuti tiga Angkatan Bersenjata meliputi Indonesia, Australia, dan Amerika Serikat.

Brasil Tunda Kirim Kendaraan Lapis Baja ke Israel Senilai Rp 2,3 Triliun, Ini Alasannya

Dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Puspen TNI, Selasa, 16 Mei 2023, Latma Crocodile Response 2023 tiga Angkatan Bersenjata itu secara resmi dibuka oleh Komandan Komando Utara Gabungan Angkatan Bersenjata Australia Kolonel Laut Mitchell Livingstone melalui upacara pembukaan yang dihadiri oleh seluruh peserta latihan bertempat di 1st Bde ground parade, Robertson Barrack, Darwin Australia, pada hari Senin, 15 Mei 2023 kemarin.

Dalam sambutannya, Kolonel Laut Mitchell Livingstone mengatakan, latihan ini dirancang untuk meningkatkan interoperabilitas antara Angkatan Bersenjata Australia, Amerika Serikat dan Indonesia dalam misi operasi bersama bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana. 

Akuntan Asal Australia Dibekuk Polisi di Bali

"Exercise Crocodile Response 2023 merupakan latihan yang sangat penting yang melibatkan Australia, AS, dan Indonesia bekerja sama secara efektif saat terjadi bencana alam," kata Komandan Komando Utara Gabungan Australia Kolonel Livingstone. 

"Selama latihan, para peserta akan mengasah keterampilan pemberian bantuan bencana gabungan yang diaktualisasikan dalam serangkaian skenario latihan seperti tindakan medis, rekonstruksi bangunan dan penjernihan air agar layak konsumsi," tambahnya.

TNI AL, US Navy dan USMC Gelar Latihan Militer Bersama CARAT 2024 di Lampung

Sementara itu, Komandan Pasukan Rotasi Marinir Amerika di Darwin Kol. Brendan Sullivan mengungkapkan, besarnya tantangan yang dihadapi dalam bencana alam menuntut kemampuan untuk berkoordinasi, kerjasama tim, dan interoperabilitas yang tinggi. 

"Melalui latihan Crocodile Response mari kita jalin ikatan yang kuat, bangun kepercayaan, dan tingkatkan kemampuan kolektif kita. Bersama-sama kita laksanakan skenario latihan yang kita susun serupa dengan realita yang menuntut untuk bertindak  melampaui batas kemampuan, menguji daya kritis, serta mengatasi segala permasalahan," kata Komandan Pasukan Rotasi Marinir Amerika di Darwin Kol. Brendan Sullivan.

Sementara itu, Letkol Inf Deden Kurniawan selaku wakil ketua delegasi TNI mengungkapkan rasa terima kasih kepada pihak Australia yang telah menerima delegasi TNI dengan ramah. 

"Mari kita laksanakan latihan ini secara profesional, antusias dan kerjasama tim," tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya